On This Day

On This Day: Brasil Diperlakukan oleh Uruguay seperti Tim Gurem

Hilman Haris    •    18 September 2015 08:28 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Brasil Diperlakukan oleh Uruguay seperti Tim Gurem
Skuat Uruguay yang mengalahkan Brasil dengan skor 6-0 pada 1920

Metrotvnews.com, Vina del Mar: Brasil merupakan kekuatan besar di dunia sepak bola. Tak perlu melakukan analisis terlalu dalam yang memusingkan. Status sebagai kolektor trofi Piala Dunia terbanyak hingga saat ini sudah menjadi bukti sahih kehebatan Selecao.

Namun, Brasil juga pernah merasakan masa kelam. Pada 18 September 1920 silam, publik Brasil sempat berduka setelah tim nasionalnya kalah telak dari Uruguay di ajang Copa America. Tak tanggung-tanggung, Brasil kalah telak dengan skor 0-6 pada laga itu.

Tanda-tanda Brasil bakal kalah telak sudah terlihat pada awal pertandingan. Bayangkan, Brasil yang berstatus sebagai juara bertahan sudah kebobolan tiga gol ketika laga baru memasuki menit ke-29.

Performa Brasil tidak membaik saat pertandingan memasuki interval kedua. Justru, Uruguay makin "menggila" dan mencetak tiga gol tambahan pada menit ke-48, ke-60, dan ke-65.

Mental para pemain Selecao langsung terpuruk sejak menerima kekalahan itu. Buktinya pada laga ketiga, Brasil tampil tanpa semangat sehingga kalah 0-2 dari Argentina.

Laga melawan Uruguay ketika itu tercatat sebagai kekalahan terbesar yang diperoleh Brasil saat tampil turnamen antarnegara. Rekor buruk itu bertahan selama  94 dan baru bisa dipecahkan oleh Jerman yang sukses membantai Brasil dengan skor 7-1 pada semifinal Piala Dunia 2014.

Kekalahan dari Uruguay dan Jerman menjadi bukti bahwa apa pun bisa terjadi di dunia sepak bola. Siapa sangka, tim seperti Brasil yang selalu dihuni pemain-pemain terbaik di dunia pernah merasakan momen pahit dibantai dengan skor besar selayaknya tim gurem.


(HIL)


Video /