Facebook Signal, Alat Pencarian untuk Jurnalis

Lufthi Anggraeni    •    18 September 2015 10:21 WIB
facebook
Facebook Signal, Alat Pencarian untuk Jurnalis
Facebook SIgnal, alat pencarian dan kurasi gratis untuk jurnalis.

Metrotvnews.com: Facebook memperkenalkan produk terbarunya, Signal. Facebook menggambarkan Signal sebagai alat pencarian dan kurasi gratis untuk wartawan yang ingin mendapatkan akses ke sumber, mengumpulkan dan menyematkan konten dari Facebook dan Instagram, terkait berita, budaya, hiburan, olahraga, dan lainnya, dalam satu tempat.

Signal menampilkan kumpulan berita yang sedang populer dari berbagai media sosial, memungkinkan pengguna mencari informasi lebih lanjut terkait post publik yang dikelompokkan berdasarkan kronologi tanpa peringkat. Signal juga dilengkapi dengan fungsi pencarian terintegrasi, dan bagian "Leaderboards" terpisah berisi individu yang paling sering menjadi topik diskusi saat itu. Individu pada Leaderboards berasal dari berbagai kategori, di antaranya aktor, politisi, penulis, musisi, dan bintang olahraga.

Alat baru Facebook ini juga dirancang untuk menampilkan foto dan video instagram relevan dengan lebih mudah. Jurnalis dapat melakukan pencarian berdasarkan topik atau tagar di sekitar lokasi spesifik tempat berita terjadi. Konten ini dapat disimpan pada "collections" untuk kemudahan akses di lain waktu. Facebook juga menekankan bahwa menyematkan konten yang muncul di Signal sangat mudah.

Facebook menyebutkan bahwa Signal adalah langkah awalnya dalam membantu jurnalis memanfaatkan Facebook dan Instagram dengan lebih efektif. Facebook juga menyebut akan mengumpulkan umpan balik dan mengelolanya untuk mengoptimalkan fungsi Signal untuk industri profesional.

Signal dilaporkan akan diluncurkan satu minggu setelah kehadiran fitur live streaming baru Facebook, termasuk jurnalis terverifikasi. Hal ini adalah langkah Facebook dalam memasuki ranahk kompetisi dengan Periscope, Meerkat, dan YouTube.


(ABE)


Video /