Tips Motor

Pelek Motor juga Butuh Pemeriksaan Berkala

Ekawan Raharja    •    21 September 2015 09:05 WIB
tips motor
Pelek Motor juga Butuh Pemeriksaan Berkala
Pelek menjadi bagian yang rutin diperiksa agar tidak membahayakan saat berkendara. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com: Pelek menjadi salah satu komponen penting agar sepeda motor dapat berjalan dengan baik. Khusus untuk pelek dengan tipe jari-jari, kondisi pelek harus selalu dijaga, jangan sampai pelek tidak seimbang atau pun tidak kencang.

Ahmad Rustandi, External Training Development PT Daya Adicipta Mustika, menjelaskan bahwa pelek wajib diperiksa kondisinya setiap servis rutin dilakukan. Pemeriksaan sendiri meliputin keseimbangan dan kerapatan jari-jari.

"Setiap servis rutin yang dilakukan di bengkel resmi, akan diperiksa kondisi peleknya. Untuk pelek Cast Wheel (pelek palang) akan diperiksa keseimbangannya. Kalau pelek jari-jari akan diperiksa juga keseimbangan dan kerapatan jari-jarinya," jelas pria yang akrab disapa Aru saat dihubungi melalui telepon.

Namun dia tidak memberikan prediksi waktu atau jarak tempuh untuk melakukan penyetelan ulang pada pelek. "Pelek itu setiap service selalu diperiksa. Kalau sudah tidak seimbang, maka langsung di setel ulang atau kita press untuk pelek palang."

Pengendara pun juga bisa memeriksa sendiri kondisi pelek kendaraan kesayangannya. Pabrikan memberikan batas toleransi kurang lebih dua milimeter. "Cukup diputar saja peleknya. Kalau kemiringan lebih dari 2 milimeter akan kelihatan saat diputar," tutup Aru.


(UDA)