Pertumbuhan Ekonomi, Menkeu: Kita Juga Pikirkan Masyarakat

Angga Bratadharma    •    18 September 2015 13:48 WIB
pertumbuhan ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi, Menkeu: Kita Juga Pikirkan Masyarakat
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (Foto: MetroTV)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro kembali menegaskan untuk terus menjaga agar pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai akhir 2015 bisa di seputar angka lima persen. Namun, pemerintah menegaskan tidak semata-mata berfokus pada peningkatan pertumbuhan.

"Ini upaya kita yang utama. Tapi, kita tidak hanya berpikir pertumbuhan (ekonomi) saja. Kita juga memikirkan masyarakat teutama masyarakat kelompok miskin dan karyawan yang rentan PHK, juga yang jadi perhatian kita," ungkap Bambang, ketika melakukan wawancara exclusive dengan MetroTV, di Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Menurut Bambang, menjaga daya beli masyarakat menjadi penting dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Namun, bukan berarti pemerintah tidak memikirkan bagaimana situasi dan kondisi dunia usaha. Dalam hal ini, pemerintah terus menyeimbangkan antara karyawan agar tidak terkena PHK dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kita berusaha mem-balance antara karyawan agar tidak kena PHK dengan menjaga masyarakat utamanya masyarakat di pedesaan karena banyak kemiskinannya agar membaik kehidupannya. Di sisi lain, mendorong dunia usaha untuk ekspansi," jelas Bambang.

Pada sisi lain, Bambang meminta agar dunia usaha tidak melihat situasi dan kondisi sekarang ini hanya dalam pandangan negatif saja. Sebenarnya, banyak peluang dan potensi yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam rangka mempercepat aktivitas bisnis.

"Saya yakin banyak dunia usaha di posisi sekarang melihat peluang daripada ancaman. Memang banyak ancaman tapi sebenarnya banyak peluang," pungkas Bambang.


(ABD)