Desember, The Fed Belum Tentu Naikkan Suku Bunga AS

Eko Nordiansyah    •    18 September 2015 15:17 WIB
the fed
Desember, The Fed Belum Tentu Naikkan Suku Bunga AS
Gubernur BI Agus Martowardojo (MI/Ramdani))

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, keputusan the Fed yang menahan suku bunga Amerika Serikat (AS) membuat prediksi kenaikannya tidak terlalu besar atau bahkan tidak akan ada kenaikan Fed Fund Rate (FFR) pada Desember.

"Jadi ketika mereka putuskan tidak ada penyesuaian mungkin orang bisa membaca bulan depan ada FOMC meeting (kenaikan) tidak besar. Bisa-bisa Desember pun belum tentu ada (kenaikan) dan bisa-bisa sampai 2016," ujarnya, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Selain itu, lanjut Agus, kebijakan the Fed dalam menahan tingkat suku bunga juga telah mempertimbangkan inflasi yang tidak terlalu menekan ekonomi AS. Sedangkan di sisi lain, ekonomi dunia yang melemah juga tidak terlalu berdampak baik bagi ekonomi AS.

"Sekarang kelihatannya inflasi tidak tekan ekonomi AS, pertumbuhan ekonomi mereka juga tidak seperti yang direncanakan. Dan mereka lihat kondisi ekonomi dunia tidak terlalu berdampak baik terhadap AS. Kondisi itu langsung direspon oleh pasar bahwa betul kondisi ekonomi dunia tidak sebaik yang diharapkan dan cenderung buruk," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, seluruh pihak sebenarnya telah mempersiapkan diri apabila ada kenaikan suku bunga AS. Sehingga dengan penahanan di level nol persen, maka harapannya adalah suku bunga tersebut bisa dinaikkan meski tidak terlalu tinggi.

"Sebelumnya semua berpikir kalau bisa cepetan, karena setahun ini penuh ketidakpastian. Kalau bisa naik saja sedikit karena semua sudah antisipasi. Tapi ternyata itu kan tidak dependen dan mereka tidak naikkan. Statement-nya disimpulkan dovish, artinya kecenderungan naikkan bunga tidak tinggi," jelas dia.



(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

5 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /