Perkuat Rupiah, Menko Darmin: Intervensi BI Paling Berefek

Suci Sedya Utami    •    18 September 2015 16:52 WIB
rupiah menguat
Perkuat Rupiah, Menko Darmin: Intervensi BI Paling Berefek
Menko Perekonomian Darmin Nasution (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih nyaman di atas Rp14.400 per USD sekarang ini meski pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi tahap satu beberapa waktu lalu. Diperkirakan, dampak paket tersebut kepada pergerakan nilai tukar rupiah tidak dalam jangka pendek.

Menko Perekonomian Darmin Nasution tidak menampik paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan memiliki hubungan terhadap laju nilai tukar rupiah. Namun, ditegaskannya bahwa hubungannya tidak secara langsung. Dalam artian, tidak dalam sekejap membuat nilai tukar rupiah berada di posisi menguat begitu tajam.

"Kalau bicara kurs yang langsung berefek ya intervensi (dari) Bank Indonesia. Hanya BI yang punya instrumen intervensi," kata Darmin, dalam bincang-bincang bersama media, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Ketika ditanya apakah ada yang bisa dilakukan pemerintah untuk memberi amunisi agar nilai tukar rupiah mengalami penguatan, Darmin mengaku bahwa pemerintah memilikinya. Namun, dampaknya tidak akan secara langsung.

Misalnya saja, jelas Darmin, pemerintah menjual Surat Utang Negara (SUN) baik dalam denominasi valuta asing (valas) maupun dalam bentuk rupiah. Hasil dari penjualan surat utang tersebut nantinya akan masuk ke dalam kantong cadangan devisa.

"Dengan menggunakan bond rupiah pun bisa undang devisa karena sebagian pembeli kita adalah asing. Nantinya valas ditukar ke rupiah baru untuk membeli bond. Rupiah itu ada di sistem perbankan. Ujung-ujungnya akan masuk ke BI jadi cadangan devisa," pungkas dia. 


(ABD)

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya
Barcelona 2017--2018

Valverde tak Yakin Fan Barcelona Mencintai Dirinya

3 hours Ago

Ernesto Valverde enggan jemawa dengan start positif Barcelona musim ini.…

BERITA LAINNYA
Video /