Kemendag Rela Ekspor Migas Tak Gunakan L/C

Husen Miftahudin    •    18 September 2015 17:09 WIB
ekspor
Kemendag Rela Ekspor Migas Tak Gunakan L/C
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) tak masalah jika kegiatan ekspor minyak dan gas (migas) tak menggunakan ketentuan Letter of Credit (L/C). Hal ini membuat ekspor komoditas yang wajib menggunakan ketentuan L/C menjadi tiga, yakni mineral, batu bara, dan kelapa sawit.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Karyanto Suprih mengungkapkan, pencabutan tersebut didasari atas kontrak ekspor migas yang berjangka panjang. Selain itu, ekspor migas juga sudah tercatat oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Bank Indonesia (BI).

"Tujuan L/C migas kan pertamanya menyelamatkan sumber daya alam kita, itu tujuan utama untuk L/C migas. Kemudian migas juga kontraknya panjang dan tercatat, jadi buat apa ada L/C lagi (untuk ekspor migas)," ujar Karyanto ditemui di kantornya, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Ia menambahkan, pencabutan penggunaan L/C untuk ekspor migas sudah ditetapkan sejak pekan lalu. Atas dasar itu, maka seluruh kegiatan yang berhubungan dengan ekspor migas tidak perlu lagi mencantumkan L/C.

"Migas tak masalah (dicabut). Semua migas tidak perlu L/C. Semua yang namanya migas. Aturannya sudah minggu lalu," papar Karyanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui Kemendag mengelaurkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 4 Tahun 2015 tentang ketentuan penggunaan L/C untuk empat ekspor komoditas. Komoditas tersebut adalah mineral, batu bara, kelapa sawit dan migas.

Ketentuan ini dikeluarkan untuk menertibkan eksportir dalam hal administrasi pencatatan devisa. Selain itu, kewajiban penggunaan L/C tersebut juga bertujuan untuk kelestarian lingkungan.


(AHL)

Jumpa Madrid, PSG Siap Menonjolkan Karakter
Liga Champions 2017--2018

Jumpa Madrid, PSG Siap Menonjolkan Karakter

1 hour Ago

Paris Saint-Germain (PSG) akan bentrok dengan Real Madrid pada babak 16-besar Liga Champions. P…

BERITA LAINNYA
Video /