Hadapi MEA, Telkom Gaet Siswa SMK

Amaluddin    •    18 September 2015 18:48 WIB
telkom
Hadapi MEA, Telkom Gaet Siswa SMK
Telkom siapkan aplikasi Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) untuk siswa SMK. (FOTO: MTVN/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain bidang UMKM, bidang pendidikan juga tak kalah pentingnya. Yakni dengan menyiapkan aplikasi Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT).

"Metode ini relatif baru bagi siswa, jadi SMK di Jatim harus siap sejak dini untuk hadapi UN CBT 2016 ini," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Hadiono, di Jatim Expo Surabaya, Jalan A. Yani, Surabaya, seperti diberitakan Jumat (18/9/2015).

Dalam pameran ini, Pemprov Jatim bekerja sama dengan Telkom, di mana perusahaan BUMN tersebut ikut berpartisipasi dengan menyiapkan aplikasi Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT). Diantaranya, menyiapkan Device (computer LAN dll), Network (koneksi Internet), Aplikasi (aplikasi try out UN CBT) dan juga menyediakan Class Room demo UN CBT sebanyak 20 PC. Acara tersebut dibuka selama empat hari mulai 17-20 September.

Operation Senior Manager Business Goverment and Enterprise Service Regional Jatim Bali, Nusra Imam Moencar, menyatakan dukungan Telkom ini merupakan wujud kepedulian Telkom dalam memajukan dunia Pendidikan di tanah air khususnya di propinsi Jawa Timur. "Selain itu juga ikut mendukung pemerintah dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asian (MEA)," kata Imam.

Imam menyatakan akan memberikan reward kepada para pengunjung setiap melakukan pembelian paket UN CBT. "Jadi, setiap pembelian paket UN CBT nanti akan mendapat free Indihome selama periode tertentu dan selama jaringan untuk pemasangan Indihome," katanya.

UN CBT adalah sistem ujian yang digunakan dalam ujian nasional dengan menggunakan sistem komputer. Aplikasi UN CBT ini, kata Imam, di event festival kewirausahaan itu dengan konsep small classroom memakai  server 1 PC koneksi internet HSI 50 Mbps.

"Kami juga menggunakan satu access point untuk mendukung Wifi.id. Telkom bekerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Prima Gama siap menyelenggarakan try out online. Jadi bagi sekolah yang berminat dapat mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam try out ini," ujarnya.

Dalam pameran ini, sebanyak 1.813 peserta SMK se-Jawa Timur akan memamerkan karya kreatifitas dan inovasinya. Sebanyak 4.000 produk unggulan karya pelajar SMK akan dipamerkan bersama sembilan spektrum IT, termasuk hasil karya yang berkaitan dengan layanan publik, perakit penanam padi, perakit komputer dan hasil inovasi teknologi lainnya.


(AHL)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /