Hadapi Tekanan Fed, Sektor Keuangan RI Diklaim Masih Solid

Suci Sedya Utami    •    19 September 2015 10:13 WIB
the fed
Hadapi Tekanan Fed, Sektor Keuangan RI Diklaim Masih Solid
Menkeu Bambang Brodjonegoro. (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Batam: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menegaskan meski rupiah semakin tergerus, namun sektor keuangan Indonesia masih tahan untuk menghadapi gejolak yang berasal dari luar, termasuk gejolak menghadapi kenaikan suku bunga acuan AS yang tertunda.

"Sampai saat ini kondisi sektor keuangan masih solid sehingga masih kuat menahan guncangan yang terjadi di luar," kata Bambang, saat berada di kantor Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Batam, Jumat, 18 September 2015.

Seperti diketahui, bank sentral AS, the Federal Reserve memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga mendekati nol persen, dan diprediksi akan kembali mengumumkan pada akhir tahun ini. Untuk mengantisipasi kenaikan nantinya, kata Bambang, fokus utama Pemerintah yakni menjaga fundamental ekonomi nasional, maupun sektor keuangan.

Lagi pula, lanjut Bambang, pasar keuangan sudah mengasumsikan atau menganggap seolah-olah kondisi saat ini, suku bunga negeri Paman Sam telah dinaikkan. Sehingga diharapkan dampaknya nanti tak terlalu besar.

"Kita menjaga di segala lini baik di SUN maupun di rupiah sendiri, artinya kalaupun itu dinaikkan sebenarnya kondisi hari ini kondisi seolah-olah sudah naik. Jadi sebenarnya kalaupun nanti naik, ekonomi kita sudah punya daya tahan yang cukup baik," jelas dia.


(AHL)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /