Kaukus Perempuan Parlemen Perjuangkan Kesetaraan Gender

Ahmad Mustaqim    •    19 September 2015 14:51 WIB
parlemen
Kaukus Perempuan Parlemen Perjuangkan Kesetaraan <i>Gender</i>
Ketua Presidium Nasional KPP, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (kiri) saat melantik pengurus Kaukus Perempuan Parlemen di Ruang Paripurna DPRD DIY. Foto: MTVN/Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 46 anggota perempuan DPRD di Daerah Istimewa Yogyakarta dilantik dalam organisasi Kaukus Perempuan Parlemen (KPP). Sebanyak 46 perempuan itu berasal dari anggota perempuan DPRD DIY 6 orang, DPRD Kota Yogyakarta 10 orang, DPRD Sleman 14 orang, DPRD Bantul 3 orang, DPRD Kulonprogo 7 orang, dan DPRD Gunungkidul 5 orang.

Pelantikan dipimpin Ketua Presidium Nasional KPP, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, di Ruang Paripurna DPRD DIY, Sabtu (19/9/2015).

GKR Hemas mengatakan, KPP memiliki tugas mengawal kebijakan yang ada di pemerintahan maupun di parlemen agar berperspektif kesetaraan dan keadilan gender. Menurutnya, dengan langkah itu akan bisa membuat kualitas perempuan semakin baik. "Dengan begitu, parlemen akan kuat, baik kualitas maupun kuantitas," kata Hemas.

Menurutnya, jumlah perempuan di parlemen yang tidak banyak harus terus didorong. Sedikitnya jumlah parlemen perempuan, kata dia, harus diikuti dengan meningkatkan kapasitas serta kualitas mereka.

Ketua KPP DIY, Rany Widayati, mengatakan organisasi yang ia pimpin memiliki tujuan memperkuat intergritas perempuan di parlemen. Nantinya, organisasi tersebut diharapkan mampu memperkuat jaringan parlemen dari tingkat nasional hingga daerah. "Kami juga ingin membangun advokasi kebijakan yang bisa berkeadilan gender," katanya.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /