Kebijakan Kependudukan RI Dianggap Baik di Dunia

Dheri Agriesta    •    21 September 2015 15:02 WIB
kependudukan
Kebijakan Kependudukan RI Dianggap Baik di Dunia
Wakil Presiden Jusuf Kalla (MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia tengah berada dalam kondisi yang baik karena memperoleh bonus demografi. Hal ini tidak lepas dari adanya kebijakan terkait kependudukan yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu. Kebijakan yang diambil pemerintah ini dianggap baik oleh sejumlah pemerintah negara lain di dunia.

"Indonesia selalu menjadi bagian yang patut dipelajari bagaimana kebijakan kependudukan di Indonesia itu sangat berhasil dan dianggap baik di dunia ini. Karena kebijakan kependudukan kita tentu dengan adanya sustainability dari pembangunan," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2015).

JK menyebut, kebijakan kependudukan di masa lalu dengan program Keluarga Berencana (KB) cukup sukses. Program KB itu didasari empat hal yakni agama, budaya, alasan kesehatan, dan ekonomi.

Konsep KB yang digalakkan pemerintah itu dianggap sebagai konsep yang cukup baik. Tapi, konsep itu tak bisa berjalan sendiri tanpa kombinasi kebijakan transmigrasi. "Upaya transmigrasi sukarela juga berjalan dengan baik," kata dia.

Tindakan-tindakan itu dilakukan untuk mengupayakan kebijakan kependudukan dapat berhasil dan pemerintah bisa memetik jumlah penduduk yang seimbang. Keseimbangan penduduk ini dapat berdampak positif bagi ekonomi dan lingkungan.

"Yang dapat dipahami sehingga akan menimbulkan harmonisasi yang baik. Dan pada dewasa ini kita mengenalnya sebagai bonus demografi," kata JK.

Bonus demografi tak bisa semerta-merta berdampak positif bagi bangsa. Bonus demografi harus diseimbangkan dengan kemajuan pembangunan di bidang pertanian dan industri.

"Tapi digambarkan dengan kebijakan kita selama ini maka tentu hasilnya yang menjadi tren adalah pertumbuhan walaupun tidak cukup baik. Tapi juga menimbulkan suatu bonus demografi, urbanisasi juga," pungkas dia.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /