Kejar Kota Sehat, Airin Minta Setiap Kecamatan Punya RTH

Lukman Diah Sari    •    21 September 2015 16:00 WIB
airin rachmy diani
Kejar Kota Sehat, Airin Minta Setiap Kecamatan Punya RTH
Airin Rachmi Diany----Ant/M Iqbal

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang kini dipimpin Wali Kota Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota Benyamin Davnie jadi perwakilan Provinsi Banten, untuk meraih predikat Kota Sehat. Predikat sudah terpancang sejak 2012.

Menurut Benyamin, program Kota Sehat adalah program dari pemerintah pusat agar tiap wilayah memiliki kota layak. Untuk itu, Pemerintah Kota Tangsel kini telah dan sedang menyediakan beragam infrastruktur tekait program Kota Sehat tersebut.

"Penyediaan infrastruktur Kota Sehat, seperti ada taman kota, taman, jalur sepeda, pedestrian, dan lainnya," ujar lelaki yang akrab disapa Bang Ben ini kepada Metrotvnews.com, Senin (21/9/2015).

Benyamin menerangkan, Kota Tangsel kini juga mengikuti pengukuran gas buang emisi kendaraan sesuai standar. Semua itu semata-mata agar Kota Tangsel didaulat menjadi Kota Sehat secara nasional. "Termasuk pengukuran gas emisi buang kendaraan, itu juga dilakukan. Kita melalui Bidang Lingkungan Hidup terus melakukan pengukuran kadar karbon di Tangsel," ujarnya.

Kota yang baru seumur jagung ini terus berbenah. Benyamin menyebut, pemkot tengah berupaya membangunan taman-taman kota, guna membangun kota yang layak dan sehat. Tak hanya itu, Wali Kota Airin bahkan meminta setiap kecamatan membangun taman dan ruang terbuka hijau (RTH). 

"Setiap kecamatan, Ibu Airin ingin agar dibangun Taman Kota dan ruang terbuka untuk dijadikan taman. Paling tidak di setiap kantor kecamatan," kata Benyamin.

Tak harus luas dan besar, kata dia, Airin hanya berharap setiap kantor kecamatan ataupun puskesmas menyediakan lahan kosong untuk dijadikan taman, supaya Tangsel menjadi Kota Sehat. "Semua tergantung luas yang tersedia, artinya lahan kecil kita jadikan taman. Baik itu di sekolah, kecamatan, puskesmas, perkantoran. Pokoknya ada tanah yang tidak digunakan untuk bangunan, itu harus dihijaukan," tukas Benyamin.

Kini, Tangsel sedang menanti penilaian dari pemerintah pusat. Yang sebelumnya, Tim Verifikasi Tingkat Nasional telah berkunjung ke Tangsel untuk penilaian Kota Sehat. Mereka mengunjungi beberapa tempat seperti ke kantor pemerintah kota Tangsel, SMP Negeri 4 Tangsel, Hutan Kota Witanaharja, Senam Lansia Witanaharja, kebun anggrek, puskesmas benda baru, dan bank sampah gotong royong Bambu Apus.




(TII)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /