Menkeu Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5% di 2015

Eko Nordiansyah    •    21 September 2015 17:39 WIB
pertumbuhan ekonomi
Menkeu Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Capai 5% di 2015
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro masih optimistis jika pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu mencapai level lima persen di akhir 2015 ini. Meskipun, pertumbuhan ekonomi tersebut jauh dari target sebesar 5,7 persen.

"‎Kami melihat potensi pertumbuhan ekonomi tahun ini untuk mencapai 4,9 persen sampai lima persen itu masih ada," ungkap Bambang, saat rapat dengan Komisi XI DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (21/9/2015).

Dirinya menambahkan, optimisme tersebut datang dari realisasi total belanja pemerintah yang hingga 18 September 2015 telah mencapai 60 persen. Kendati realiasi total belanja pemerintah itu lebih kecil dari tahun lalu namun pencapaian tersebut menurut Bambang lebih besar secara nilai.

"Belanja yang sudah membaik posisi per kemarin di atas 60 persen dan secara nominal besarnya belanja pemerintah itu sudah di atas tahun lalu. Secara persentase itu memang lebih kecil, karena memang nilainya lebih besar dibandingkan tahun lalu," jelas dia.

Sementara itu, target pertumbuhan ekonomi di tahun depan masih dipercaya mencapai angka 5,5 persen. Hal ini didorong oleh keyakinan lembaga internasional yang memproyeksikan pertumbuhan global yang lebih tinggi dari tahun lalu dari 3,4 persen menjadi 3,8 persen.

"Tahun depan, IMF masih menaruh pertumbuhan ekonomi global sebesar 3,8 persen atau lebih tinggi dibandingkan 3,4 persen tahun lalu. Artinya, masih ada rasa optimisme secara global. Jadi dengan demikian, maka kami bisa putuskan angka 5,5 persen itu masih bisa atau bisa menggunakan angka yang lebih rendah," pungkas dia.


(ABD)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /