Bulog, Kementan, dan Kemendag Gelar Pasar Murah

Gervin Nathaniel Purba    •    22 September 2015 11:29 WIB
pasar murahkementan ads
Bulog, Kementan, dan Kemendag Gelar Pasar Murah
Mentan Amran Sulaiman bersama Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayakti saat gelar operasi pasar di gudang Bulog Kepala Gading. (FOTO: MTVN/Gervin Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melepas pasar murah berupa beras, sapi hidup, dan daging sapi dari gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Bulog akan meluncurkan sebanyak 29 truk, yang terdiri dari 21 truk beras sejumlah 140 ton. Kemudian empat truk sapi hidup dengan masing-masing truk mengangkut 12 ekor sapi dengan total 48 ekor sapi. Lalu empat truk box daging sapi beku dengan masing-masing truk mengangkut dua ton daging sapi dengan total delapan ton.

"Sebanyak 21 truk beras akan kami sebar ke pasar-pasar tradisional DKI serta pasar Induk Cipinang. Untuk truk sapi hidup akan dikirim ke rumah pemotongan hewan (RPH) di Cibitung dan truk box daging sapi akan dikirim ke pasar Klender dan sebagainya," ujar Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayakti saat ditemui di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (22/9/2015).

Adapun tujuan digelarnya pasar murah ini untuk melakukan evaluasi kondisi pasar dalam memastikan kestablian harga pokok kebutuhan masyarakat. Untuk itu Ia berharap agar hasil pasar murah ini tidak begitu laku di pasar.

"Dengan evaluasi kondisi lapangan, saya harap barang-barang ini tidak laku keras. Tidak laku berarti pasar stabil. Kalau laku keras berarti tidak stabil," tambah Djarot.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan saat ini Bulog memiliki stok sebanyak 1,7 juta ton yang terdiri dari stok PSO satu juta ton dan stok beras komersial 600 ribu ton. Untuk itu dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang.

"Insya Allah stok beras kita aman. Pemerintah berlaku keras melayani dan membantu petani di Indonesia. Alhamdulillah belum ada impor beras sampai hari ini, perjuangan luar biasa bersama Mendag dan Bulog untuk stabilkan produksi dalam negeri," kata Mentan Amran Sulaiman.

Pada acara tersebut hadir pula Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis Kemendag Robert James Bintaryo yang sebagai perwakilan dari Kemendag. Pelepasan pasar murah itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Berikut lokasi pasar murah tersebut:

Beras dan Daging:
1. Pasar Klender.
2. Pasar Anyer Bahari.
3. Pasar Blok A.
4. Pasar Ciracas.

Beras:
5. Pasar Grogol.
6. Pasar Palmerah.
7. Pasar Lenteng Agung
8. Pasar Sindang.
9. Pasar Sukapura.
10. Pasar Jatinegara.
11. Pasar Pademangan.
12. Pasar Sumur Batu.
13. Pasar Rumput.
14. Pasar Jembatan Lima.
15. Pasar Tomang.
16. Pasar Boplo.
17. Pasar Kebayoran Lama.
18. Pasar Rebo.
19. Pasar Minggu.
20. Pasar Paseban.
21. Pasar Induk Beras Cipinang.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /