BI Sumsel: Hilirisasi Karet Harus Dipercepat

   •    22 September 2015 12:11 WIB
bank indonesia
BI Sumsel: Hilirisasi Karet Harus Dipercepat
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Palembang: Deputi Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah VII Sumatera Selatan (Sumsel) Juli Budi Winantya mengatakan pemerintah harus mendorong percepatan hilirisasi karet karena harga di tingkat petani terus anjlok hingga menjadi berkisar Rp4.500 per kilogram (kg).

"Tidak ada cara lain selain mengakselerasi hilirisasi karet di dalam negeri. Jika hanya berharap pada perbaikan perekonomian dunia mau sampai kapan," kata Juli, seperti dikutip Antara, di Palembang, Selasa (22/9/2015).

Ia mengemukakan BI telah merumuskan beberapa langkah yang harus ditempuh pemerintah dalam hilirasasi karet jangka pendek untuk mengurangi tekanan ekonomi petani. "Langkah dapat diawali dengan mensinergikan dan menyebarluaskan hasil penelitian akademisi yang relevan terkait dengan pengembangkan produk karet bernilai, tapi dengan cara sederhana," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, mendorong penyerapan dalam negeri terhadap hasil industri menengah kecil skala rumahan berbahan baku karet alam, mengarahkan dan memfasilitasi petani untuk membentuk Gabungan Kelompok Tani dan Koperasi. Lalu, mendorong terbentuknya klaster karet yang melibatkan masyarakat dan pemerintah daerah, industri hulu dan hilir, pasar lokal dan kopersi.

"Langkah-langkah cepat ini harus diambil karena daya beli masyarakat Sumsel yang hidupnya mengandalkan komoditas terus turun, akibatnya pertumbuhan ekonomi Sumsel yang tertahan kinerjanya karena pelesuan industri karet," pungkas dia.



(ABD)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /