Gayus Tambunan Punya Duit untuk Keluar Penjara

Meilikhah    •    22 September 2015 13:07 WIB
gayus tambunan
Gayus Tambunan Punya Duit untuk Keluar Penjara
Gayus Tambunan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 1 Maret 2012. Foto: MI/Grandyos Zafna

Metrotvnews.com, Jakarta: Gayus Tambunan diyakini masih punya uang meski meringkuk di penjara. Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul menduga Gayus menyumpal mulut petugas lapas dengan uang.

"Kalau bisa keluar, pasti uud (ujung-ujungnya duit). Berarti Gayus masih ada duitnya," kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2015).

(Klik: 31 Keping Logam Mulia Gayus Tambunan Laku Rp1,4 Miliar)

Gayus adalah terpidana kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Ia juga bersalah karena memalsukan paspor dan menyuap penjaga tahanan agar bisa keluar penjara.

Mahkamah Agung menghukum Gayus 12 tahun penjara karena korupsi. Dalam kasus pemalsuan paspor, ia dihukum dua tahun. Ia juga divonis delapan tahun karena menggelapkan pajak PT Megah Citra Raya.

(Klik: Gayus Tambunan Jualan Baju di LP Sukamiskin)

Kemudian, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis Gayus enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar atas perkara menerima gratifikasi, kepemilikan uang USD659.800 dan 9,68 juta dolar Singapura, serta menyuap petugas Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Ruhut melanjutkan, sebagian besar terpidana memilih perpanjangan waktu penahanan ketimbang membayar ganti rugi kepada negara untuk melunasi hukuman. Menurut Ruhut, Gayus termasuk terpidana seperti itu.

"Dia pasang badan untuk itu. Lebih baik tambah masa tahanan daripada ganti rugi. Jadi mereka enggak mau mengembalikan itu," kata Ruhut.

(Klik: Kemenkumham Akui Gayus Tambunan Dapat Remisi)

Gayus bikin heboh karena fotonya sedang duduk di restoran beredar di media sosial. Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu kembali keluar penjara. Modalnya, izin menghadiri gugatan sidang cerai istrinya.

Catatan Metro TV, Gayus setidaknya sudah 68 kali leluasa keluar tahanan saat di Rutan Mako Brimob. Ia sempat pergi ke Bali untuk menonton tenis. Ia mengelabui publik dengan mengenakan rambut palsu.

Gayus juga pergi ke Macau, Kuala Lumpur, dan Singapura pada September 2010 menggunakan paspor palsu atas nama Soni Laksono.

Pada Juli 2010, Gayus tiga kali keluar penjara, Agustus 19 kali, Oktober 23 kali, dan November empat kali. Meski berulang kali membuat kesalahan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan remisi ke Gayus.


Gayus Tambunan (tengah) mendengar ceramah usai salat Idul Fitri 1435 H di Lapas Klas 1 Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Senin 28 Juli 2014. Antara Foto/Novrian Arbi

Gayus saat ini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Jawa Barat. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) I Wayan Kusmiantha Dusak mengakui ada kesalahan sehingga Gayus bisa duduk santai di restoran.

Kemenkumham mengancam akan memindahkan Gayus ke Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. "Prosedurnya itu sudah benar, namun pelaksanaannya yang enggak benar. Ini yang akan kita periksa," kata I Wayan.


(TRK)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /