Harga BBM Turun Jika Minyak Dunia di USD40/Barel

Suci Sedya Utami    •    22 September 2015 13:50 WIB
harga bbm
Harga BBM Turun Jika Minyak Dunia di USD40/Barel
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) memiliki opsi yang memungkinkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diturunkan jika harga minyak atau Crude Palm Oil (CPO) di pasar internasional menembus level USD40 per barel. Saat ini, harga CPO di pasar WTI berada di level USD46,01 per barel.

Hal tersebut diakui Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto usai rapat mengenai penyerapan biodisel, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. "Dengan harga crude yang ada itu maka otomatis potensi penyesuaian harga ada," kata Dwi, Selasa (22/9/2015).

Ia menjelaskan, jika harga minyak berada di level USD40 per barel maka biaya produksi BBM bisa ditekan sedemikan rupa daripada biasanya. Bila biaya produksi BBM lebih murah dari biasanya secara otomatis akan membuat harga jual BBM menjadi lebih murah pula.

Namun demikian, lanjut Dwi, Petamina tidak bisa secara sepihak memutuskan penyesuaian harga tersebut. Pertamina harus membicarakan hal ini dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Nantinya, masih kata Dwi, keputusan dari pembicaraan itu yang akan menjadi ketentuan untuk menyesuaikan harga. "Kalau memang nanti harga crude rendah dan ongkos produksi bisa kita efisien tentu akan kita turunkan, karena itu menyangkut kepentingan masyarakat," pungkasnya.


(ABD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /