Perkuat Ekonomi, Tiongkok akan Masuki Pasar Keuangan Syariah

Arif Wicaksono    •    22 September 2015 14:01 WIB
bank infrastruktur
Perkuat Ekonomi, Tiongkok akan Masuki Pasar Keuangan Syariah
Ilustrasi. FOTO: REUTERS/STRINGER

Metrotvnews.com, Beijing: Pasar Keuangan Islam diyakini akan menjadi tempat penting bagi Tiongkok untuk memperbesar pengaruhnya. Hal itu dilakukan dengan memperkuat hubungan bersama negara mayoritas muslim terbesar, di mana perusahaan Tiongkok mulai mencari pendanaan melalui pasar keuangan Islam.

Ini menjadi alasan logis, karena populasi muslim Tiongkok hanya 20 juta penduduk dari jumlah penduduk yang sangat besar. Sehingga, ada alasan yang lebih luas untuk memasuki pasar keuangan Islam tersebut. Ada dugaan, Tiongkok ingin membangun ikatan kuat dengan Asia untuk membangun kembali jalan sutera dan memperkuat perdagangan dengan Asia dan Eropa. Termasuk dengan pusat keuangan finansial di Timur Tengah dan Asia Tenggara yang jumlah aset keuangan syariahnya mencapai seperempat dari total aset keuangan di dunia.

“Dengan misi itu, sejumlah BUMN dan perusahaan swasta Tiongkok akan mulai memasuki pasar keuangan Islam,” ujar Kepala Asia Pacifik di bidang konsultasi Shariah Advisory Group, Ben Ping Chung Cheung, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (22/9/2015).

Shariah Advisory Group memberikan konsultasi kepada konglomerasi HNA Group sebagai perusahaan jasa keuangan islam pertama di Tiongkok dengan rencana untuk membeli kapal senilai USD 150 juta. Perusahaan ini  juga mau membangun proyek kereta api di bagian timur provinsi Shandong dengan menggunakan dana sukuk senilai 30 miliar yuan atau USD4,7 miliar untuk membangun kereta cepat. 

Jika berjalan sukses, angka ini menjadi capaian terbesar bagi penerbitan sukuk. Meskipun diskusi ini masih terlalu jauh karena masih menghadapi persaingan dengan bank domestik.

“Ini menjadi berbagai momentum, karena besarnya pertumbuhan perdagangan dengan Tiongkok dan Timur Tengah,” kata Jonathan Fried, Konsultan Hukum Linkarters di Dubai.

Kepala Analisa Industri Asia Utara Industri dalam Fitch Ratings Kalai Pillay menjelaskan penerbitan sukuk menjadi langkah menarik bagi perusahaan Tiongkok.

“Sukuk sangat menarik bagi penerbit, dan banyak perusahaan Tiongkok memiliki industri yang tepat dan struktur yang tepat untuk menerbitkan sukuk,” jelas dia.


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /