Ditjen PAS: Gayus Keluar Penjara 9 September

Al Abrar    •    22 September 2015 15:42 WIB
gayus tambunan
Ditjen PAS: Gayus Keluar Penjara 9 September
Seorang wartawan memerlihatkan foto terpidana pajak Gayus Halomoan Tambunan yang beredar di media sosial, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/9/2015).--Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakat Kemenkumham, mengklarifikasi polemik foto narapidana Gayus Tambunan yang beredar di media sosial.

Dalam foto tersebut Gayus sedang makan di sebuah restoran. Foto itu diambil pada 9 Mei 2015, usai Gayus mengahadiri sidang cerai di Pengadilan Agama, Jakarta Utara.

Namun, Kahumas Dirjen PAS Akbar Hadi Prabowo menyangsikan foto diambil pada 9 Mei 2015. Bisa jadi foto dijepret sebelum atau setelah 9 Mei.

"Jadi memang perlu kita luruskan foto yang diunggah di media sosial itu tertulis 9 Mei. Berdasarkan data di kami, ternyata tidak ada catatan narapidana keluar atas nama Gayus Tambunan. Karena itu kita sangsi itu terjadi pada 9 Mei," kata Akbar di kantornya, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2015).

Menurut Akbar, Gayus keluar dari penjara untuk menghadiri sidang cerai pada Rabu 9 September 2015.

"Benar memang tanggal 9 September 2015, Kalapas Sukamiskin telah mengeluarkan narapidana atas nama Gayus Tambunan. Dan alasan mengeluarkan itu menghadapkan Gayus Tambunan ke Pegadilan Agama Jakarta Utara," tambah dia.

Akbar mengakui proses izin keluar narapidana dari lapas cukup rumit. Kata dia, Kalapas terlebih dahulu membuat pertemuan yang berangotakan pejabat di lingkungan lapas. Kemudian jika disetujui, Kalapas akan membuat surat tembusan menyetujui mengeluarkan narapidana keluar lapas untuk suatu kepentingan.

"Karena itu dibuatlah perintah surat pengawalan," tegas dia.


(MBM)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /