Pilkada Karawang Jadi Fokus Pengawalan Polri

Octavianus Dwi Sutrisno    •    22 September 2015 17:40 WIB
pilkada serentak
Pilkada Karawang Jadi Fokus Pengawalan Polri
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Pilkada Karawang, Jawa Barat, menjadi perhatian Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Badrodin Haiti. Salah satu alasannya yaitu enam calon kuat bertarung dalam Pilkada Karawang.

"Tentunya persaingan akan ketat. Masing-masing calon berusaha mendapatkan suara," ungkapnya,  dalam sambutan saat rakor penyerapan anggaran Provinsi Jabar, di Gedung Bappeda Jabar, Jalan Ir H Juanda, Bandung, Selasa (22/9/2015).

Kondisi serupa pun berpotensi terjadi di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Sukabumi, Cianjur, serta Kabupaten Bandung. "Seperti di Kabupaten Bandung, kemarin ada pengrusakan baliho," jelasnya.

Lantaran itu, kata Badrodin, polisi siap mengawal dan menjaga kondusifitas Pilkada yang berlangsung serentak pada Desember 2015. Namun, Polri bermasalah pada alokasi waktu dan regulasi.

"Berikutnya adalah masalah yang terkait dengan penegakan hukum yang menjadi tugas dan tugas aparat penegak hukum Polri, Kejaksaan dan juga Bawaslu termasuk juga pengadilan negeri sudah dibentuk ada keterbatasan waktu di sana," tegasnya.

Upaya penegakan hukum saat Pilkada nanti, lanjut Badrodin pihak kepolisian akan memaksimalkan kekuatan pengamanan Sentragakum. Namun, yang paling penting dirinya berpesan  seluruh jajaran mampu menjaga netralitas saat Pilkada.

"Baik Polri maupun TNI saya minta netral, artinya anggota Polri tidak melibatkan diri di dalam politik praktis apakah itu kampanye atau sosialisasi," tutupnya.


(RRN)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /