Keluar Lapas, Gayus Juga Nonton Konser Bon Jovi?

M Rodhi Aulia    •    22 September 2015 22:30 WIB
gayus tambunan
Keluar Lapas, Gayus Juga Nonton Konser Bon Jovi?
Seorang wartawan memerlihatkan foto terpidana pajak Gayus Halomoan Tambunan yang beredar di media sosial, Bandung, Jawa Barat, Senin (21/9). Foto: Antara/Agus Bebeng.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah foto terpidana kasus penggelapan pajak Gayus Tambunan di sebuah restoran di Jakarta tersebar luas. Aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho khawatir aktivitas Gayus di luar jeruji besi tak hanya persidangan dan makan di restoran saja.

"Saya juga agak khawatir begini, dia keluar tanggal 9. Dia mengaku mengikuti persidangan di Pengadilan Agama. Pertanyaannya, betulkah hanya tanggal sembilan? Saya takutnya dia perpanjang sampai tanggal 11 ngikut nonton konser Bon Jovi," kata Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho dalam Program Primetime News Metro TV, Selasa (22/9/2015).

Dugaan itu sangat beralasan, mengingat rekam jejak Gayus yang meloloskan diri dari rumah tahanan di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, pada November 2010 lalu. Gayus, kata Emerson, bisa keluar dari penjara setelah berhasil menyuap petugas dengan uang sebesar Rp300 juta untuk satu atau dua hari di luar penjara.

Emerson menduga kuat, keluarnya Gayus dari Lapas Sukamiskin memuat indikasi suap. Sebab, ia menilai mentalitas pejabat atau penjaga Lapas sekarang ini, masih sangat rendah karena rentan disuap. Emerson berpendapat pemindahan Gayus ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor tak akan efektif untuk mencegah terulangnya hal serupa.

"Selama mentalitas penjaga Lapas seperti itu, saya tidak yakin, itu akan membuat jera," tukas dia.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly membenarkan bahwa foto kontroversial itu diambil pada Rabu, 9 September 2015. Gayus disebut keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, karena mendapat panggilan dari Pengadilan Agama Jakarta Utara.

Sebagai informasi, Bon Jovi band rock asal New Jersey, Amerika Serikat ini kembali manggung di Jakarta setelah 20 tahun berselang. Konser band yang mempopulerkan lagu Bed of Roses ini, berlangsung meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 September lalu.


(DRI)


Video /