Snowden: Enkripsi Buat Alien Sulit untuk Menghubungi Kita

Riandanu Madi Utomo    •    23 September 2015 10:01 WIB
edward snowden
Snowden: Enkripsi Buat Alien Sulit untuk Menghubungi Kita
Snowden saat berbincang dengan Neil deGrasse Tyson (foto: TweakTown)

Metrotvnews.com: Perdebatan mengenai kehidupan di luar Bumi atau yang lebih dikenal sebagai alien memang tidak pernah berhenti. Meskipun demikian, ada satu pertanyaan yang masih belum ada jawabannya hingga saat ini: mengapa alien tidak menghubungi kita di Bumi?

Edward Snowden pun angkat bicara kali ini. Mantan agen NSA tersebut mengatakan, teknologi enkripsi adalah penyebab alien tidak berusaha mengontak kehidupan di Bumi.

Pernyataan tersebut dikatakan Snowden saat berbincang langsung dengan Neil deGrasse Tyson dalam acara podcast StarTalk. Snowden menuturkan, sebuah sistem enkripsi kelas atas mampu membuat sebuah sinyal komunikasi tampak tidak sedang dienkripsi, meskipun hasilnya merupakan sebuah sinyal yang tidak dapat diartikan.

Jika sinyal tersebut ditangkap alien, maka kemungkinan besar mereka akan mengabaikannya karena dianggap sebagai "noise".

Snowden juga menambahkan, berbagai sinyal berbentuk noise yang sering didapatkan satelit mungkin saja merupakan bentuk komunikasi kehidupan alien yang terenkripsi. Bentuk komunikasi tersebut bisa berupa percakapan telepon atau bahkan siaran televisi.

Karena terenkripsi dengan baik, maka kita sering menganggapnya sebagai noise yang diakibatkan oleh gangguan sinar kosmik atau radiasi microwave di luar angkasa. (TweakTown)


(ABE)


Video /