Harga Minyak AS Turun, Brent Berjaya

   •    23 September 2015 09:34 WIB
minyak mentah
Harga Minyak AS Turun, Brent Berjaya
Ilustrasi. (AFP PHOTO)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak Amerika Serikat (AS) turun pada Selasa (Rabu pagi WIB). Sementara minyak Brent, patokan internasional, naik lagi untuk hari kedua karena para pedagang terus mempertimbangkan kelebihan pasokan global dan pertumbuhan permintaan yang lemah.

AFP melansir, Rabu (23/9/2015), harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, merosot menjadi USD45,83 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 85 sen atau 1,8 persen dari penutupan Senin.

Sementara harga minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November naik tipis 16 sen atau 0,3 persen menjadi menetap pada USD49,08 di perdagangan London.

"Kami melihat banyak volatilitas di pasar," kata Andy Lipow dari Lipow Oil Associates, seperti dikutip dari Antara.

Pasar minyak New York diikuti saham-saham Wall Street lebih tinggi pada Senin dan mereka jatuh pada Selasa karena kekhawatiran tentang Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi Eropa.

"Minyak mentah akan tetap berada di bawah tekanan, terutama karena Iran dan IAEA terus membuat langkah menuju inspeksi, yang akan menyebabkan peningkatan ekspor Iran dan  tambahan jumlah minyak di pasar datang pada kuartal pertama 2016," tutur dia.

Tanda-tanda segar dari pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat di Asia menambah kelesuan dalam gambaran pertumbuhan permintaan. Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan bahwa pertumbuhan lemah di negara haus energi Tiongkok tahun ini diperkirakan akan menyebabkan pelambatan di seluruh Asia.

ADB memangkas proyeksi pertumbuhan untuk kawasan tersebut dan mengatakan ekspansi 2015 di Tiongkok, konsumen energi utama dunia, akan menjadi yang paling lambat sejak 1990, pada 6,8 persen.

"Namun, sekalipun spekulan berfokus pada penurunan produksi AS saat ini, penting untuk tidak lupa bahwa stok minyak mentah AS saat ini masih 28 persen, atau sedikit di bawah 100 juta barel, lebih tinggi dari biasanya," pungkasnya.


(AHL)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /