Anak Usia Berapa Sering Berbohong?

Torie Natalova    •    23 September 2015 11:56 WIB
keluarga
Anak Usia Berapa Sering Berbohong?
Anak remaja paling pintar berbohong. (Foto:abcnews)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Anda para orang tua mungkin sering kesal jika anak berbohong. Misalnya, mereka mengaku sudah mengerjakan pekerjaan rumah padahal itu sama sekali belum dilakukannya. Ingin tahu usia berapa anak paling sering berbohong dan bahkan jago menipu orang tuanya?

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Acta Psychologica menemukan anak remaja adalah yang paling tidak bisa dipercaya atau tidak jujur dan orang dewasa dengan usia 18-29 tahun adalah yang terbaik dalam berbohong. Sebaliknya, anak-anak usia 6-8 tahun adalah yang paling jujur mengatakan sebenarnya.

Studi tersebut menyelidiki perbedaan usia dalam berbohong dan frekuensi mereka berbohong. Penulis studi, Bruno Vershuere dari University of Amsterdam menjelaskan, biasanya orang yang lebih lambat, membuat lebih banyak kesalahan saat berbohong dan ini diambil sebagai indeks dalam kesulitan berbohong.

Para peneliti berpikir, perkembangan bagian otak yang bertanggungjawab mengatakan kebohongan mungkin akan menjelaskan mengapa remaja dan dewasa jago berbohong. (Parenting)


(LOV)