Aktivitas Lelang Ikan di Pekalongan Lumpuh Total

   •    23 September 2015 13:02 WIB
nelayan
Aktivitas Lelang Ikan di Pekalongan Lumpuh Total
Nelayan tidak melaut (ilustrasi). (Metrotvnews.com/Bambang Mujiono)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sejak dua hari terakhir lumpuh total karena tidak ada satu pun kapal nelayan yang membongkar hasil tangkapan mereka.

Melansir Antara, Rabu (23/9/2015), Kepala TPI Kota Pekalongan Kasim Sumadi mengatakan ombak besar dan angin kencang di perairan Laut Jawa mengakibatkan para nelayan memilih tidak melaut.

"Sejak Selasa (22/9) dan Rabu tidak ada satu pun kapal besar maupun kapal kecil yang membongkar hasil tangkapan ikan sehingga aktivitas lelang lumpuh," kata Kasim, di Pekalongan.

Menurut dia, pada Senin (21/9) produksi ikan hasil tangkapan para nelayan hanya sekitar 72 ton atau senilai Rp350 juta. Sedangkan tangkapan pada hari Selasa (22/9) dan Rabu, aktivitas lelang ikan lumpuh.

Saat ini, kata dia, para nelayan yang dikenal dengan sebutan "Arek-Arek" lebih memilih pulang ke kampung halamannya, yaitu Juana, Kabupaten Pati, dan Tuban, Jawa Timur.

"Adapun, kapal fisher atau kapal di atas 30 grostone (GT) masih berlayar karena mereka berangkat sekitar akhir Juli 2015," katanya.

Ia memperkirakan aktivitas lelang ikan di TPI akan kembali ramai sekitar akhir September dan Oktober mendatang karena kapal jenis fisher mulai membongkar hasil tangkapan ikan.

"Kami perkirakan aktivitas lelang ikan akan mencapai puncaknya pada November mendatang karena para nelayan sudah kembali berlayar setelah dua hingga tiga bulan mencari ikan di laut," katanya.

Dampak kelangkaan pasokan ikan, kata dia, harga ikan melonjak hingga Rp2.000 sampai Rp5.000 per kilogram.
"Harga ikan kecil, seperti cumi-cumi semula Rp19.000/kg naik menjadi Rp21.000/kg, sedangkan ikan besar jenis dorang semula Rp45.000/kg naik jadi Rp50.000 per kilogram," katanya.


(SAN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /