Keunggulan Pemanfaatan Lahan Rawa saat El Nino

Gervin Nathaniel Purba    •    23 September 2015 14:35 WIB
kekeringankementan ads
Keunggulan Pemanfaatan Lahan Rawa saat El Nino
Ilustrasi lahan rawa. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Litbang Pertanian Muhammad Syakir memaparkan beberapa keunggulan dalam memanfaatkan lahan rawa untuk menanam padi khususnya di musim kemarau berkepanjangan.

Salah satu keunggulannya lahan rawa memiliki sumber air tersedia/insitu. Dengan sumber air yang tersedia, pemanfaatn lahan rawa menjadi lebih mudah dan murah. Kemudian waktu tanam menyesuaikan naik turunnya tinggi muka air, terutama pada lahan rawa lebak.

"Kelebihannya ada air, kelembapan terjaga dengan baik. Jadi walaupun kemarau tetap tersedia air," ujar Muhammad Syakir saat ditemui di Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2015).

Selain itu, lanjut Syakir, lahan rawa dinilai tahan terhadap perubahan iklim khususnya pada saat el nino saat ini. Menurutnya, pada saat musim kemarau, justru luas lahan yang dapat ditanami menjadi lebih luas. "Sehingga dengan lahan rawa lebak dapat dinilai dapat meningkatkan produktivitas padi," katanya.

Kemudian produksi beras yang dihasilkan pada Juli, Agustus, dan September dapat mensubstitusi permintaan pasar. Menurutnya hal ini akibat dari lahan sawah irigasi pada periode yang sama beberapa potensi produksinya menurun.

Lalu keunggulan lainnya, beras yang dihasilkan dari padi rawa berkadar indeks glikemik rendah. Berdasarkan penelitian, beras tersebut sangat baik untuk orang yang berpenyakit diabetes.

"Serta tinggi kandungan Fe dan Selenium yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah," jelasnya.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /