Biaya Pakan Rp85 Juta/Bulan, TSTJ Silakan Masyarakat Adopsi Satwa

Pythag Kurniati    •    23 September 2015 15:42 WIB
kebun binatang
Biaya Pakan Rp85 Juta/Bulan, TSTJ Silakan Masyarakat Adopsi Satwa
Orang Utan yang dipelihara di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Surakarta: Taman Satwa Taru Jurug Surakarta (TSTJ) menghabiskan sekitar Rp85 juta sebulan untuk pakan satwa. Pengelola membuka peluang adopsi satwa untuk tutup dana pakan yang pas-pasan.

“Sekitar Rp85 juta habis untuk pakan dalam satu bulan sedangkan vitamin butuh sekitar Rp2 juta,” tutur dokter hewan di TSTJ, Nuraeni, Rabu (23/9/2015).

Sementara itu, salah seorang penjaga kandang gajah, Asep Undang mengemukakan dalam satu hari tiga ekor gajah biasanya menghabiskan 50 ikat rumput atau setara dengan 200 kilogram. “Belum lagi untuk makanan lain seperti ketela, kelapa, dan lain sebagainya,” ungkap Asep.

Sedangkan untuk satwa harimau membutuhkan empat ekor ayam dalam bentuk potongan daging setiap harinya. “Empat hingga lima ekor ayam untuk seekor harimau. Padahal di sini ada enam ekor harimau yang harus diberi pakan,” tutur Agus Parwanto, penjaga kandang harimau di TSTJ. 

Menyikapi hal tersebut Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Nugroho mengatakan membuka peluang adopsi satwa. Bukan berarti para satwa boleh dibawa pulang namun adopsi dalam arti memberi pakan satwa.

“Jadi jika ada masyarakat, instansi, LSM yang peduli terhadap satwa-satwa di sini boleh berpartisipasi menjadi pengadopsi satwa dengan memberikan sponsor pakan. Dengan begitu, jika anggaran pakan diringankan maka dapat dialokasikan untuk keperluan konservasi,” tutur Bimo.

Kebun binatang yang berada di Jalan Ir Sutami, Kota Solo, Jawa Tengah tersebut memiliki 263 hewan yang terbagi dalam 54 jenis satwa. Mulai Januari 2015 hingga Agustus TSTJ dikunjungi 260.046 orang.


(SAN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /