Lahan Terjal, BPBD Jawa Tengah Belum Bisa Jangkau Titik Api di Gunung Sindoro

Pythag Kurniati    •    23 September 2015 15:53 WIB
kebakaran hutan
Lahan Terjal, BPBD Jawa Tengah Belum Bisa Jangkau Titik Api di Gunung Sindoro
Foto: Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Surakarta: Kebakaran hutan di Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tak kunjung padam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, tim pemadam kebakaran hanya dapat memantau dari jarak 1,5 kilometer dari titik api.

"Hal itu disebabkan karena medan yang sangat-sangat terjal dan sulit. Maka baru bisa memantau dari jarak 1,5 kilometer," kata Sarwa usai siaran pers peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana, Rabu (23/9/2015).

Tim dari BPBD, TNI, dan Polri kesulitan untuk memadamkan api. Lahan terjal menyulitkan petugas memasang vertical rescue untuk memadamkan api secara manual. Pemadaman melalui udara pun tidak dapat dilakukan lantaran tidak ada sumber air di dekat lokasi kebakaran.

"Yang kali ini lebih sulit menurut saya dari pada kebakaran Lawu dan Merapi dulu," ujar dia.

Sarwa mengatakan, titik api jauh dari permukiman penduduk. Meski demikian, dia mengimbau tim gabungan tetap memantau api.

Hutan di Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, terbakar, sejak pukul 18.30 WIB, Selasa (22/9/2015). Ini bukan kali pertama hutan gunung yang berhadapan dengan Gunung Sumbing, itu terbakar. Sebelumnya, hutan di lereng Gunung Sindoro terbakar pada Kamis (27/8/2015), menghanguskan hutan seluas 50 hektare.

 


(TTD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /