Silakan Gugat Putusan MK yang Haruskan Pemeriksaan Dewan Lewat Izin Presiden

Surya Perkasa    •    23 September 2015 21:03 WIB
uji materi uu
<i>Silakan Gugat Putusan MK yang Haruskan Pemeriksaan Dewan Lewat Izin Presiden</i>
Ketua Mahkamah Surahman Hidayat dari PKS, Wakil Ketua Lili Asdjudiredja dari Golkar dan Wakil Ketua Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra berfoto bersama setelah penetapan dan pengesahan susunan dari Pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan. (MI/ Mohammad Irfan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) mengharuskan pemeriksaan anggota DPR oleh penegak hukum kantongi izin Presiden. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) mempersilakan publik menggugat kembali jika merasa putusan ini tidak bisa diterima.

"Bila ada pihak-pihak yang tidak puas, maka silakan untuk dilakukan gugatan kembali," Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad lewat pesan singkat, Rabu (23/9/2015).

Sebelumnya, izin pemeriksaan dikeluarkan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang tertuang dalam pasal 245 ayat 1 UU MD3. Namun kini Presiden yang mengeluarkan izin.

MKD mengaku kewenangannya tidak dirampas oleh MK. MKD sebagai bagian lembaga DPR hanya bisa mengikuti putusan MK yang final dan mengikat semua elemen.

"Kita semua warga negara taat saja dengan keputusan MK, dan harus dijalankan," kata politikus Gerindra ini.

Dia merasa proses hukum tidak akan terganggu karena Presiden memiliki banyak pembantu. Mulai dari Sekretariat Negara hingga Kantor Staf Kepresidenan.

"Yang pasti perangkatnya yang sekarang cukup, kan (rezim) dulu tidak ada kepala staf kepresidenannya," tutup dia.


(MEL)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /