LBH Jakarta: Bang Buyung Bapak Bantuan Hukum Indonesia

Al Abrar    •    23 September 2015 22:04 WIB
adnan buyung nasution meninggal dunia
LBH Jakarta: <i>Bang</i> Buyung Bapak Bantuan Hukum Indonesia
Pengacara senior Adnan Buyung Nasution. (Antara/Andika Wahyu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan anggota LBH Jakarta hadir melayat ke rumah duka almarhum Adnan Buyung Nasution. Mereka tampak membawa foto Adnan Buyung Nasution yang bertuliskan Selamat jalan 'Bang Buyung'.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Alghiffari Aqsa berkisah, pendiri LBH itu sempat menitipkan pesan melalui secarik kertas agar tetap berjuang untuk masyarakat miskin tertindas.

"Pesan tersebut merupakan gambaran sampai akhir hayatnya, beliau masih memikirkan LBH. Beliau terus berjuang untuk masyarakat miskin tertindas," kata Alghiffari di rumah duka, Jalan Poncol Lestari Nomor 7, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2015).

Selain itu lanjut dia, Bang Buyung telah menorehkan ide dan gagasan untuk kepentingan bangsa dan negara. Bahkan, kata dia, Adnan Buyung Nasution adalah bapak bantuan hukum Indonesia.

"Bang Buyung itu bapak bantuan hukum Indonesia, Bang Buyung meninggalkan warisan krusial dalam sejarah hukum Indonesia dengan mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pada 28 Oktober 1970," katanya.

"Yang kemudian mendirikan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang saat ini tercatat memiliki kantor di 15 kota di Indonesia," pungkas dia.

Adapun LBH tersebut adalah, LBH Banda Aceh, LBH Medan, LBH Palembang, LBH Padang, LBH Lampung, LBH Jakarta, LBH Bandung, LBH Semarang, LBH Surabaya, LBH Malang, LBH Yogyakarta, LBH Bali, LBH Makassar, LBH Manado, dan LBH Papua (dulu LBH Jayapura).


(MEL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

3 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /