Presiden Tiongkok Bertolak ke Washington, Siap Temui Obama

Willy Haryono    •    24 September 2015 11:02 WIB
as-tiongkok
Presiden Tiongkok Bertolak ke Washington, Siap Temui Obama
Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pidatonya di markas Microsoft di Redmont, Washington, AS, Rabu (23/9/2015). (Foto: AFP / TED S. WARREN / POOL)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Tiongkok Xi Jinping bertolak ke Washington untuk berdialog dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pembicaraan akan meliputi beberapa isu sensitif, seperti keamanan dunia maya dan Laut China Selatan. 

Menghabiskan dua hari di Seattle, Presiden Xi bertemu sejumlah pebisnis AS dan membicarakan berbagai hal. 

Seperti dikutip AFP, Rabu (23/9/2015), orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu bertemu beberapa kepala perusahaan besar seperti Apple, Boeing, General Motors, Amazon dan Microsoft. 

Sang presiden sempat terbang ke pabrik utama Boeing dan mengumumkan Tiongkok memesan 300 pesawat baru dengan nilai total USD38 miliar. 

Dalam pidato kunci di hari pertamanya di AS, Presiden Xi menekankan perlunya perluasan kerja sama dan pengertian antar kedua negara. 

"Kita ingin melihat lebih banyak rasa saling mengerti dan memahami, bukan rasa keterasingan atau kecurigaan," ucap Presiden Xi di Hotel Westin di Seattle. 

"Jika terjadi konflik dan konfrontasi (antara AS dan Tiongkok), maka dapat berujung pada bencana bagi kedua negara dan juga dunia," sambung dia.


(WIL)