Gubernur Fed: Kenaikan Suku Bunga AS Mungkin Tahun Ini

   •    25 September 2015 10:00 WIB
the fed
Gubernur Fed: Kenaikan Suku Bunga AS Mungkin Tahun Ini
Gubernur The Fed Janet Yellen -- Ilustrasi FOTO: Reuters/Jonathan Ernst

Metrotvnews.com, Washington: Gubernur Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan bahwa dia masih berharap meningkatkan suku bunga pada tahun ini. Menurutnya, kekhawatiran tentang pertumbuhan global yang melemah kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi rencana itu.

Yellen mengatakan perbaikan dalam ekonomi AS mungkin akan memerlukan sebuah awal peningkatan suku bunga federal funds tahun ini. Para pembuat kebijakan akan terus memantau aktivitas lemah di luar negeri.

AFP melansir, seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/9/2015), dia menambahkan dampaknya mungkin tidak akan cukup besar memiliki pengaruh yang signifikan untuk kebijakan. Yellen mengatakan dalam pidatonya di Universitas Massachusetts, Amherst.

Pernyataan Yellen datang seminggu setelah bank sentral AS memilih untuk menunda kenaikan suku bunga pertama sejak krisis keuangan 2008.

Setelah pertemuan 17 September, Yellen mengatakan dalam konferensi pers bahwa komite (FOMC) memutuskan untuk menunda karena kekhawatiran tentang pelambatan pertumbuhan di Tiongkok dan pelarian modal dari pasar negara-negara berkembang.

Tetapi dalam pidato Kamis, Yellen mengatakan pembuat kebijakan masih memantau perkembangan di luar negeri tapi tidak berpikir mereka akan menggelincirkan ekonomi AS.

"Prospek untuk ekonomi AS umumnya tampak kuat," kata Yellen, mengutip kenaikan rata-rata pekerjaan bulanan 210.000 dan data lain yang menunjukkan ekonomi memiliki telah berkembang.

"Rekan-rekan saya dan saya, berdasarkan perkiraan kami terbaru, mengantisipasi bahwa pola ini akan terus berlanjut dan bahwa kondisi pasar tenaga kerja akan meningkat lebih lanjut ketika kita menuju 2016."


(AHL)


Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

53 minutes Ago

Timnas Indonesia bertekad mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketig…

BERITA LAINNYA
Video /