Petugas Lapas Pengawal Gayus Terancam Sanksi Berat

Meilikhah    •    25 September 2015 11:44 WIB
gayus tambunan
Petugas Lapas Pengawal Gayus Terancam Sanksi Berat
Gayus Tambunan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis 1 Maret 2012. Foto: MI/Grandyos Zafna

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan merekomendasikan sanksi disiplin terberat untuk dua petugas lembaga pemasyarakatan yang mengawal Gayus. Bentuk sanksi diputuskan hari ini.

"Kami tetap merekomendasikan dijatuhi hukuman dinas terberat dari yang teringan," kata Dirjen Pemasyarakatan I Wayan Dusak saat dikonfirmasi, Jumat (25/9/2015).

Wayan mengatakan, keputusan hukuman terhadap dua petugas ditentukan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dua petugas tersebut lalai saat bertugas.

Keduanya mengawal perjalanan Gayus dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, untuk menghadiri sidang cerai di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, 9 September. Saat pulang, Gayus mengajak pengawal makan di sebuah restoran.

Selain petugas lembaga pemasyarakatan, seorang polisi juga mengawal Gayus. Polisi itu memotret Gayus duduk di restoran. Foto itu kemudian tersebar.


Antara Foto

Sanksi paling berat diharapkan bisa memberikan efek jera agar tak ada petugas lapas melakukan hal serupa. "Kami, hari ini baru akan memutuskan finalisasinya (bentuk sanksi)," kata Wayan.

Senin, pekan depan, rekomendasi sanksi diserahkan ke Inspektorat Jenderal.

Wayan juga mengingatkan kepada seluruh kepala divisi lembaga pemasyarakatan agar meningkatkan kewaspadaan dan keamanan tahanan. Kepala divisi bertanggung jawab terhadap petugas lapas dan tahanan.


(TRK)