Terinspirasi Rotterdam, Ahok Akan Buat Port of Jakarta

Intan fauzi    •    25 September 2015 13:20 WIB
ahok
Terinspirasi Rotterdam, Ahok Akan Buat Port of Jakarta
Port of Rotterdam. AFP Photo

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok baru saja pulang dari Kota Rotterdam, Belanda. Dari sana, Ahok terinspirasi membuat Port of Jakarta seperti Port of Rotterdam.

Untuk membangun Port of Jakarta, Ahok berencana menggabungkan pulau N milik PT Pelindo, pulau O, P, Q milik pemprov DKI dan pulau M milik Ancol. Direktur Utama PT Pelindo II, RJ Lino setuju dengan wacana itu.

"Kenapa enggak kami gunakan Pulau M, N, O, P, Q. Lima pulau hasil reklamasi menjadi Port of Jakarta," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2015).

Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN). KBN yang memiliki 70 persen saham diminta membagi sahamnya kepada Pelindo II dan PT Jakarta Propertindo agar berbanding 50:50.

"PT KBN kenapa enggak diserahkan ke Pelindo II, lalu ke Jakpro. Jadi kami punya 50:50," jelas Ahok.

Ahok juga membuka kesempatan perusahaan Belanda untuk berinvestasi. Mantan Bupati Belitung Timur itu percaya Belanda memiliki pengalaman mumpuni mengurus bongkar muat barang (Dwelling time).

"Saya bilang sama mereka, yang kami butuhkan bukan soal dana sebetulnya, tapi strategic partner. Itu yang penting buat kita jadi profesional dan kita punya jaringan," ujar Ahok.

Di samping itu, PT Pelindo III bekerja sama dengan Van Oord, perusahaan Belanda, untuk merawat saluran 17 pulau hasil reklamasi. "17 pulau reklamasi itu kan ada kewajibanmemelihara kanal," kata Ahok.


(TRK)