Jalur Lambat Jalan Thamrin akan Dibabat buat Trotoar

Intan fauzi    •    25 September 2015 14:24 WIB
pedestrian thamrin sudirman
Jalur Lambat Jalan Thamrin akan Dibabat buat Trotoar
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama--Antara/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, akan melebarkan trotoar di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman. Orang nomor satu di Jakarta ini bakal menghilangkan jalur lambat di Jalan Protokol tersebut.

"Kami ingin trotoar diperlebar. Jalur lambat kita ambil, tanamin pohon, itu bisa buat jalan kaki," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (25/9/2015).

Dia menambahkan, akan mengubah Jakarta seperti Kota New York dan Tokyo. Kedua kota itu nampak gemerlap, gedung-gedung dipenuhi layar LED.

Pemprov DKI telah merevisi rancangan peraturan gubernur tentang pelaksanaan penyelenggaraan reklame. Pemprov melarang pemasangan iklan di billboard dan mendorong gedung-gedung memenuhi bangunan dengan layar LED. "Bisa bayangin sepanjang Thamrin-Sudirman bisa lihat LED tiap gedung," imbuhnya.

Mantan Bupati Belitung Timur itu juga mengizinkan pemilik gedung membuka cafe di sepanjang jalan. Asal, mereka mau membongkar pagar bangunan demi pejalan kaki.

"Jadi kantor, gedung, bongkar pagar boleh bikin kios-kios, restoran mini. Bangunan-bangunan kecil boleh, sehingga Jakarta punya tempat hang out anak muda. Kalau di luar negeri kan banyak tuh cafe sepanjang jalan. Sambil jalan kaki, kalau lelah mereka tinggal naik bus. Dukuh atas nanti jadi pertemuan semua moda transportasi," sambungnya.


(YDH)