Rupiah Tergerus, Pengusaha Mamin PHK Kecil-Kecilan

Husen Miftahudin    •    25 September 2015 14:27 WIB
industri makanan
Rupiah Tergerus, Pengusaha Mamin PHK Kecil-Kecilan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Laju nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (USD) semakin tergerus hingga hampir menyentuh level Rp15 ribu per USD. Kondisi ini menyebabkan pengusaha makanan dan minuman (mamin) mengambil langkah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) guna mengurangi biaya produksi yang semakin membengkak.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S Lukman mengakui, beberapa pengusaha mamin telah melakukan PHK kepada karyawannya. Namun begitu, PHK yang dilakukan oleh pengusaha tersebut hanya berskala kecil.

"Kalau PHK secara kecil-kecilan sudah terjadi. Tapi saya belum dengar (soal perusahaan mamin yang tutup akibat depresiasi rupiah)," ujar Adhi, usai hadiri acara dialog investasi bertema 'Dampak Deregulasi terhadap Investasi', di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jalan Jenderal Gatot Subroto No 44, Jakarta Selatan, Jumat (25/9/2015).

Ia menambahkan, selain melakukan PHK berskala kecil, para pengusaha mamin juga melakukan langkah efisiensi lainnya seperti pengurangan jam kerja dan jam lembur bagi karyawan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi biaya operasional yang menjadi beban cukup besar pada biaya produksi.

Adhi menjelaskan, kondisi ini berat bagi pengusaha mamin karena sebagian besar bahan baku harus diimpor. Rendahnya kualitas dan sedikitnya pasokan bahan baku dari dalam negeri menjadi alasan pengusaha mamin melakukan impor.

"Bukan kami senang impor, tapi karena terpaksa. Di sini tidak ada (bahan baku) yang mutu dan ketersediaan jumlahnya memenuhi (kebutuhan). Kami berharap pemerintah bisa tekan dolar agar tidak terus bergerak naik. Ada beberapa perusahaan yang sudah teriak. Ini harus hati-hati," tutup Adhi.


(ABD)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /