DPR Imbau Masyarakat Indonesia Tenang

Pelangi Karismakristi    •    25 September 2015 14:42 WIB
dpr ads
 DPR Imbau Masyarakat Indonesia Tenang
Petugas pertahanan sipil Arab Saudi berusaha menyelamatkan korban desak-desakan saat lempar Jumroh, di Mina, Arab Saudi.--Foto: Antara Foto/Reuters (HO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tragedi Mina yang terjadi sehari yang lalu meninggalkan duka mendalam bagi umat muslim sedunia. Belum lagi beredar berbagai informasi simpang siur sehingga membuat panik masyarakat, khususnya di Tanah Air.

"Kami berharap masyarakat tetap tenang, sebab tragedi ini memang tidak terjadi di jalur Indonesia. Semoga tidak ada korban dari pihak Indonesia di luar 1 nama yang disebutkan oleh pihak kementerian luar negeri kita siang ini," tulis Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam pesan elektroniknya, Kamis (24/9/2015).

Sampai saat ini belum ada kejelasan pasti jumlah akhir korban dan siapa saja. Hal ini dikarenakan departemen pertahanan sipil Saudi merilis angka sementara 453 korban meninggal dan 600an luka-luka. 

"Kami dan pihak amirul haj terus berkordinasi dengan rumah sakit setempat untuk mengidentifikasi korban dari pihak Indonesia," imbuh Fahri.

Tragedi Mina yang terjadi sekira pukul 09.00 waktu setempat ini bertepatan dengan pelaksanaan sholat idul adha di Masjidill Haram. Para jamaah yang menjadi korban bisa dipastikan adalah mereka yang berangkat lempar jumroh setelah subuh. 

Desak-desakan di Mina pada Kamis 24 September adalah tragedi kedua yang terjadi setelah insiden crane di Masjidil Haram 12 September lalu pada musim haji 2015. Salah satu situs berita mengabarkan, ini menjadi insiden terburuk dalam 25 tahun terakhir, yang menelan korban lebih dari 600 jiwa. Pada 2 Juli 1990 juga terjadi tragedi serupa yang merenggut hampir 1500 jiwa. 
 


(LHE)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /