Menteri Arab Saudi Duga Jemaah tak Patuhi Instruksi

Yogi Bayu Aji    •    26 September 2015 02:41 WIB
tragedi mina 2015
Menteri Arab Saudi Duga Jemaah tak Patuhi Instruksi
Jemaah haji di Mina. AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Arab Saudi Khalid al-Falih menduga insiden Mina yang menewaskan setidaknya 700 orang disebabkan para jemaah tak mematuhi instrusi otoritas setempat. Investigasi pun dikebut guna menemukan titik terang kasus tersebut.

"Investigasi dalam insiden desak-desakan dilaksanakan hari ini di Mina, di mana diduga  terjadi karena jemaah bergerak tanpa mengikuti instruksi dari otoritas setempat, (investigasi) akan selesai secepatnya dan diumumkan seperti layaknya insiden lainnya," kata Falih seperti disitat Aljazeera.com dari situs Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Jumat (25/9/2015).

Falih menilai, insiden yang menyebabkan sebanyak 863 orang terluka ini sebagai peristiwa yang terburuk dalam 25 tahun terakhir. Dia menjelaskan, jemaah yang terluka telah di pindahkan ke Mekkah.

Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud juga telah memerintahkan agar pelaksanaan haji dievaluasi usai kejadian di Mina, Kamis 24 September kemarin. Temuan investigasi akan dikirim ke Raja Salman yang akan mengambil tindakan selanjutnya.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menilai himpitan tampaknya telah disebabkan dua gelombang jemaah bertemu pada satu titik temu. Di lain pihak, suhu tinggi dan kelelahan disebut juga telah menjadi faktor penyebab insiden ini.

 


(OGI)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /