Kemenag: Saudi Janji Transparan

Yogi Bayu Aji    •    26 September 2015 04:13 WIB
tragedi mina 2015
Kemenag: Saudi Janji Transparan
Kondisi di Mina. AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agama menyatakan pemerintah Arab Saudi berjanji transparan dalam investigasi kecelakaan di Mina, Arab Saudi, yang memakan korban jiwa ratusan jamaah haji termasuk beberapa orang asal Indonesia. Pasalnya, iring-iringan anggota Kerajaan Arab Saudi disebut-sebut terlibat dalam insiden ini.

(Lihat: Pangeran Arab Saudi Dituding Jadi Penyebab Tragedi Mina)

"Dalam keterangannya tadi malam, pihak Kerajaan Arab Saudi berjanji akan transparan dalam investigasinya tentang korban, penyebabnya dan lainnya," kata Kepala Seksi Informasi Haji Kementerian Agama (Kemenag) Affan Rangkuti saat dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Menurut dia, pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya penyelidikan atas kejadian di Mina pada komite investigasi yang dibentuk otoritas Arab Saudi. "Karena kita juga tidak bisa mencampuri otoritas mereka," ujar dia.

Hingga saat ini, Kementerian Agama mencatat ada 157 jamaah Indonesia yang wafat saat pelaksanaan ibadah haji 1436 Hijriah dari jumlah total 154.454 orang dari 381 kloter. "Ada juga 410 orang calon haji yang sedang dirawat," tambah dia.

Jumlah 157 jamaah yang wafat tersebut, tambah Affan, belum termasuk yang meninggal saat kecelakaan Mina pada Kamis 24 September pagi. Pasalnya, Kementerian masih arena menunggu informasi resmi dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Angka tersebut, didapatkan dari jumlah jamaah yang wafat karena kecelakaan crane Masjidil Haram sebanyak 11 orang dan 146 sisanya karena sakit. Seluruh jamaah yang wafat, lanjut dia, dimakamkan di Arab Saudi.


(OGI)