Australia Bakal Investasi USD150 Juta di Industri Galangan Kapal RI

Husen Miftahudin    •    26 September 2015 09:39 WIB
kapal
Australia Bakal Investasi USD150 Juta di Industri Galangan Kapal RI
Ilustrasi kapal. (ANTARA FOTO/JOKO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan, industri galangan kapal Indonesia saat ini tengah dilirik beberapa negara. Australia, Tiongkok, Jepang, Belanda, dan Taiwan merupakan negara yang berminat menanamkan modalnya di industri galangan kapal RI.

"Jadi dari data yang ada yang kelihatan possible itu Tiongkok, Australia, dan Taiwan. Tapi untuk Australia berencana investasi USD150 juta," ujar Franky di kantor BKPM, Jalan Jenderal Gatot Subroto No 44, Jakarta Selatan, Jumat 25 September 2015.

Dari data BKPM, sejak 1 November 2014 hingga 20 September 2015, izin prinsip sektor maritim khusus alat angkuatan laut sebanyak 37 proyek dengan nilai investasi Rp3,9 triliun. Investasi tersebut berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) dengan jumlah proyek sebanyak 17 senilai Rp1,7 triliun. Juga ada investasi dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan 20 proyek senilai Rp2,2 triliun.

Franky menambahkan, dalam kurun waktu dua bulan ini direncanakan investor Australia akan melihat lokasi industri galangan kapal di Indonesia. "Sekitar November kita ketemu dengan mereka. Karena mereka ingin melihat lokasi," paparnya.

Nantinya, lanjut dia, Franky merekomendasikan pada investor Australia untuk bekerjasama dengan perusahaan kapal Indonesia. "Itu rekomendasinya. Saya rekomendasikan dan mereka menerima," tutup Franky.


(AHL)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /