DPRD Jabar Dorong TP4 Terbentuk di Jabar

Arief Pratama    •    26 September 2015 11:23 WIB
anggaran
DPRD Jabar Dorong TP4 Terbentuk di Jabar
Ilustrasi dana APBD, Ant

Metrotvnews.com, Bandung: DPRD Jawa Barat (Jabar) mendorong rencana pembentukan Tim Pengawalan dan Pengamanan Pembangunan Pemerintah (TP4). Rencana itu bertujuan mempercepat proses pembangunan di wilayah Jabar tanpa hambatan apapun.

"Kami rasa TP4 harus segera direalisasikan agar pembangunan dapat berjalan baik, khususnya di Jabar. Jadi pemerintah pusat maupun daerah harus bergerak cepat. Sehingga rencana itu tak sekadar wacana," kata Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Syahrir di Bandung, Jabar, Jumat (25/9/2015).

Keberadaan TP4, kata Syahrir, lebih membeirkan kepastian hukum. Sehingga lembaga eksekutif tak perlu khawatir untuk melakukan pengadaan barang dan jasa.

"Ini akan berdampak pada tingginya serapan anggaran negara oleh pemerintah, terlebih di daerah," terangnya.

Bahkan, kata Syahrir, pemerintah daerah tak perlu menunggu instruksi pusat untuk membentuk TP4. Kalau Jabar sudah siap, tegasnya, segera bentuk lembaga itu.

Ia juga menekankan perlu koordinasi antara pemerintah dengan kejaksaan dan kepolisian untuk mengeksekusi program pembangunan. Itu bertujuan melancarkan pembangunan.

Berbeda dengan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi. Meski usulan itu bagus, Ineu meminta pemerintah provinsi tak terburu-buru untuk membentuknya. Sebab, seluruh stakeholder harus terlibat.

"Di pusat pun TP4 masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Presiden Jokowi. Jika dirasa Provinsi Jabar akan membentuk TP4 lebih dulu dibandingkan pemerintah pusat, harus dikoordinasikan dengan baik bersama seluruh stakeholder terkait. Agar program dan rencana kerjanya terarah," jelas Ineu.
 


(RRN)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /