Intervensi BI Selamatkan Rupiah Diragukan

Suci Sedya Utami    •    26 September 2015 13:38 WIB
rupiah melemah
Intervensi BI Selamatkan Rupiah Diragukan
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR RI akan segera meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit terhadap Bank Indonesia (BI) terkait tugas otoritas moneter dalam menjaga pergerakan nilai tukar rupiah.

Hal ini terkait adanya kecurigaan pelemahan rupiah yang disengaja BI karena disinyalir mencari keuntungan dengan adanya pelemahan mata uang Garuda. Namun, menurut Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Golkar, Misbakhun, DPR tidak bisa membuktikan kecurigaan tersebut, sehingga meminta bantuan BPK.

"Kalau sengaja dilemahkan, saya enggak bisa membuktikan. Tapi audit BPK yang membuktikan apakah memang ada upaya-upaya ke situ atau tidak. Itu harus diuji juga ke publik," kata Misbakhun ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2015).

Misbakhun mengatakan, pihaknya menginginkan agar otoritas keuangan yang dipimpin Agus Martowardojo tersebut lebih transparan dan terbuka dalam menerapkan tata kelola yang baik, baik itu penggunaan cadangan devisa negara untuk intervensi rupiah.

"Selama ini BI katakan selalu hadir di pasar untuk lakukan intervensi. Tapi buktinya rupiah tetap tembus Rp14.700 per USD, bahkan semua orang khawatir Oktober tembus Rp15.000 per USD, ini angka psikologis dan membebani perekonomian kita," tuturnya.

Maka, DPR memberikan saran pada BI untuk membuka apa saja sebenarnya yang dilakukan BI dalam rangka melakukan intrvensi pasar. Karena posisi cadangan devisa sudah berkurang USD5 miliar-USD7 miliar, namun rupiah makin terpuruk.

Ini perlu dilakukan supaya ada tata kelola yang baik dalam melakukan intrvensi pasar, dalam melakukan kebijakan pengelolaan devisa dan kebijakan moneter ini, maka DPR mengusulkan BI agar diaudit BPK dalam rangka melakukan kebijakan moneter.

"Ini adalah negara demokrasi, saya serahkan sepenuhnya ke BI, utk lakukan langkah-langkahnya. Kita juga berikan kepercayaan ke BPK untuk memberikan tugasnya sesuai dengan amanat konstitusi," pungkasnya.


(AHL)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /