Putu Fajar Arcana: Dunia Sastra Indonesia Masih Berkembang

Putu Radar Bahurekso    •    26 September 2015 13:43 WIB
sastra
Putu Fajar Arcana: Dunia Sastra Indonesia Masih Berkembang
Teater Bukan Bunga Bukan Lelaki yang diangkat dari karya Putu Fajar. (foto:IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dunia sastra di Indonesia sepertinya mengalami penurunan karena banyaknya generasi muda yang 'teracuni' dunia barat. Namun, menurut sastrawan Putu Fajar Arcana, sastra di Indonesia masih berkembang.

“Saya kira dunia sastra kita berkembang, hampir setiap hari ada buku baru,” ujarnya.

Tidak hanya melalui buku, karya sastra juga beredar melalui berbagai media. Salah satu media yang biasa terdapat karya sastra adalah koran.

“Tidak hanya di buku, banyak juga kan sastra yang diterbitkan melalui koran atau biasa disebut sastra koran,” katanya.

Jaman kini sudah semakin moderen, melalui berbagai media sosial pun banyak karya satsra yang mulai bermunculan. Mulai dari jejaring sosial pertemanan ataupun blog. Entah dalam bentuk karya sastra lama yang kembali diperlihatkan agar orang tidak lupa maupun karya-karya sastra yang baru ditulis oleh banyak orang secara independen.

Dalam karya sastra, banyak sekali hal yang bisa dilakukan maupun diceritakan. Salah satu kegunaan sastra adalah sebagai bentuk kritik terhadap sebuah keadaan atau fenomena.

“Teater atau seni pada umumnya juga harus turut bertanggung jawab terhadap kondisi bangsa. Seni tidak boleh steril dari situasi sosial, politik, dan budaya disekitarnya,” tutur Joan Arcana, pendiri Arcana Foundation.

Namun, dunia kritik dalam seni dianggap masih dianggap lambat berkembang. Menurut Fajar, dunia akademis juga harus turut membantu demi perkembangan dunia sastra. “Setiap harinya karya sastra itu ditulis dan diterbitkan. Masalahnya justru keterlambatan dunia kritik untuk mengikuti dan membaca karya sastra di masa kini,” tuturnya.

“Harusnya dunia akademis kita juga mulai menoleh dunia sastra, tidak hanya asik sendiri dengan teori-teori. Sementara begitu banyak karya yang lahir,” pungkasnya.


(LOV)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /