Gayus Berkeliaran

Pengamat: Menkumham Harus Menciptakan Petugas Profesional

Githa Farahdina    •    26 September 2015 15:16 WIB
gayus tambunan
Pengamat: Menkumham Harus Menciptakan Petugas Profesional
Ali Aranoval dan Akbar Hadi----MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ali Aranoval menilai kasus 'bebas lepas' terpidana korupsi Gayus Tambunan di lapas merupakan persoalan sistem. Pasalnya, Gayus kerap kali leluasa keluar lapas meski Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) sudah berganti.

Kebobrokan, ada pada petugas lapas. Namun, penyebab utamanya adalah kurangnya pendidikan yang diberikan pada petugas lapas yang biasanya lulusan SMA. Proses seleksi harus diperketat untuk mendapatkan petugas lapas berintegritas.

"Jangka panjang, Menteri harus tahu, pemerintah harus menciptakan profesionalitas petugas. Dengan menyelenggarakan pendidikan profesional, bukan cuma kasih hukuman," kata Ali di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2015).

Selama ini, kata dia, petugas nakal hanya diberi sanksi ringan hingga berat. Namun, tak diberi pendidikan atau peningkatan kualitas. Padahal, profesionalitas petugas masuk dalam program yang ingin dikembangkan Presiden Joko Widodo.

"Di bawah (petugas lapas) tidak pernah dapat (pendidikan). Mohon Pak Menteri, arah penataan petugas profesional itu harus dilaksanakan karena sudah masuk programnya Jokowi," tambah Ali.

Selain integritas, perekrutan harus juga memerhatikan rasa kemanusiaan, keahlian, dan kesesuaian pribadi dengan dunia kerja. Kemenkumham harus meminta petugas lapas menjaga perilaku ketika resmi diterima sebagai pegawai.


(TII)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /