Bandara Pekanbaru Lumpuh, Anggota DPD Mengeluh Rencana Tugasnya Batal

Fitra Asrirama    •    26 September 2015 15:38 WIB
kabut asap
Bandara Pekanbaru Lumpuh, Anggota DPD Mengeluh Rencana Tugasnya Batal
Landasan pacu tidak beroperasi karena diselimuti kabut asap di Bandara Sultan Syarif Kasim II, di Pekanbaru, Riau, Ant - Rony Muharrman

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Kabut asap kembali melumpuhkan aktivitas penerbangan di Bandara Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, Sabtu 26 September. Seluruh jadwal penerbangan dibatalkan karena jarak pandang yang terbatas di landasan pacu bandara internasional itu.

Aktivitas penerbangan sempat normal selama tiga hari terakhir. Tapi Sabtu ini, asap kembali mengganggu aktivitas penerbangan. Asap kebakaran lahan dan hutan menyelimuti area bandara. Jarak pandang di landasan pacu pun hanya 600 meter.

Pihak bandara menganggap kondisi itu tak layak bagi pesawat take off maupun mendarat. Akibatnya, 12 jadwal penerbangan dari Sabtu pagi hingga siang dibatalkan sampai waktu yang tidak ditentukan untuk menghindari cuaca buruk.

Ratusan penumpang yang terkena pembatalan penerbangan mengembalikan tiket ke loket bandara. Mereka kecewa.

Satu di antaranya Rosti Uli Purba mengeluhkan pembatalan penerbangan membuat rencana tugasnya sebagai anggota DPD RI batal. Rosti mengaku akan berangkat dari Pekanbaru tujuan Yogyakarta untuk menghadiri rapat dengan sejumlah anggota DPD RI.

"Saya kecewa, ini pembatalan yang ke sekian kali. Saya terpaksa membatalkan hadir di acara penting. Bagaimana lagi, tidak ada penerbangan ke Yogyakarta karena kabut asap," kata Rosti.

Airport Duty Manager PT Angkasa Pura II Hasnan menyatakan kemungkinan seluruh jadwal penerbangan batal karena asap. Kondisi jarak pandang justru terlihat semakin pekat sehingga berbahaya bagi penerbangan sipil.

"68 penerbangan hari ini sudah terjadwal. Kami menunda penerbangan karena jarak pandang sangat terbatas. Kalau kondisi tidak berubah, seluruh penerbangan tersebut bisa dibatalkan," kata Hasnan. 


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /