Pilkada Surabaya 2015

Besok, Panwaslu Tertibkan Atribut Kampanye tanpa Cantumkan Logo KPU

Amaluddin    •    26 September 2015 16:16 WIB
pilkada serentak
Besok, Panwaslu Tertibkan Atribut Kampanye tanpa Cantumkan Logo KPU
Ilustrasi pilkada, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Surabaya: Pilkada Surabaya 2015 memasuki tahap kampanye mulai 27 September hingga 5 Desember 2015. Selama masa itu, calon kepala daerah dan tim pemenangan dilarang memasang alat peraga kampanye (APK).

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Surabaya pun mengumpulkan anggota Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran (DHPP) Panwascam. Mereka berkoordinasi menertibkan APK selama masa kampanye.

"Koordinasi ini melibatkan seluruh DHPP Panwascam yang berjumlah 31 orang, untuk persiapan kampanye," kata anggota Panwaslu Kota Surabaya Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran, M Safwan, di kantor Panwaslu Surabaya, Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Sabtu (26/9/2015).

Safwan mengatakan tugas DHPP dimulai besok bertepatan dengan hari pertama kampanye. Mereka akan menertibkan APK yang dipasang masing-masing calon.

Koordinator Lapangan DHPP, Agus Gagok, mengatakan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya untuk menertibkan APK. "Seperti baliho yang sudah terpasang di depan kantor partai, itu sebenarnya perlu ditertibkan. Tapi kita perlu mengajak Pemkot," ungkap Agus.

Namun, DHPP mengalami kesulitan menertibkan stiker pasangan calon yang ditempel di kaca belakang angktan umum. "Dalam hal ini kami coba akan bekerjasama dengan Dishub. Kami coba koordinasi dulu," katanya.

Penertiban itu sesuai dengan aturan KPU. KPU mempersilakan masing-masing calon mendesain baliho dan poster. Setelah itu, tim pemenangan mencetak desain tersebut lengkap dengan logo khusus dari KPU.

KPU akan mencetak tiga jenis APK tersebut. Sementara calon dan tim pemenangan masing-masing boleh membuat atribut kampanye seperti kaos, pulpen, dan payung. Namun nilai per unitnya tak boleh lebih dari Rp25 ribu.



(RRN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

1 week Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /