Kondisi Udara di Palangka Raya, Pekanbaru, dan Pontianak Berbahaya

   •    26 September 2015 16:29 WIB
kabut asap
Kondisi Udara di Palangka Raya, Pekanbaru, dan Pontianak Berbahaya
Kabut asap menyelimuti Kota Pontianak, Metrotv - Aswandi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kualitas udara di Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Pekanbaru (Riau), dan Pontianak (Kalimantan Barat) termasuk dalam kategori berbahaya. Kondisi itu berdasarkan indeks standard pencemaran udara (ISPU) yang dirilis BMKG pada pukul 14.00 WIB, Sabtu 26 September.

Dalam rilis, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kualitas udara berkorelasi dengan jarak pandang. Di Palangka Raya, jarak pandang hanya 50 - 300 Meter. Asap pekat menyelimuti. Hingga cuaca di siang hari tampak berwarna kuning kecoklatan.

Sementara jarak pandang di Pekanbaru berkisar kurang lebih 500 Meter. Sedangkan jarak pandang di Pontianak mencapai 2.500 Meter.

Kondisi itu berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Dalam tiga hari terakhir, penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Kalimantan Tengah mencapai 4.121 jiwa. Jumlah penderita ISPA di Pekanbaru sebanyak 34.846 jiwa dan 21.130 orang di Kalbar.

"Operasi darurat asap masih dilakukan baik udara, darat, penegakan hukum, hingga sosialisasi. Tapi kebakaran masih berlangsung berujung pada asap," kata Sutopo seperti yang ditulis dalam rilisnya.

Menurut BNPB, dua penyebab asap masih terjadi. Pertama, api lama yang sudah paham di lahan gambut kembali menyala. Kedua, lahan itu dibakar lagi.



(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

15 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /