Makanan Sehat untuk Jantung Sehat

   •    27 September 2015 13:35 WIB
penyakit
Makanan Sehat untuk Jantung Sehat
Ilustrasi (Foto: wholefoodsmagazine.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) menurut World Heart Federation merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2015, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengadakan kegiatan edukasi Food for Heart di Senayan, Jakarta, Minggu, 27 September 2015.

Bergerak sebagai organisasi pelopor gaya hidup sehat, pada kegiatan kali ini YJI menekankan bahwa pola makan tidak sehat sangat mempengaruhi kesehatan jantung.

"Makanan siap saji kerap jadi pilihan karena kesibukan. Akibatnya kebutuhan gizi keluarga tidak terpenuhi," ujar Mela Sabina, ketua panitia Food for Heart.

Di sisi lain, Mela juga menyebutkan bahwa kegiatan tahunan ini dijadikan sebagai upaya agar masyarakat kembali mengingat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan menyantap masakan buatan rumah yang bergizi.

Dr. Siska Surindanda Danny, kardiologis rumah sakit Harapan Kita, selalu menganjurkan untuk mengurangi garam pada setiap masakan yang dibuat.

"Tidak hanya garam. Gula dan lemak juga harus dikurangi saat memasak. Sebab itu berdampak sangat buruk untuk jantung," saran Dr. Siska pada kesempatan yang sama.

Namun, selain menjaga pola makan, menurut ketua umum YJI, Asyahlina Zuhal, juga harus dibarengi dengan olahraga teratur.

"Itu mengapa acara ini juga menampilkan peragaan demo senam jantung sehat," lanjutnya.

Asyahlina juga menambahkan, bahwa dalam acara tersebut juga ada demo hip heart (olahraga jantung untuk remaja), lompat tali jantung sehat (untuk anak-anak) serta demo bantuan hidup dasar (CPR).

Hal ini dikarenakan saat ini penyakit jantung tidak hanya menyerang para lansia (lanjut usia), tetapi juga bisa terjadi pada para remaja bahkan anak-anak.

Food for Heart 2015 selain memamerkan bazar kuliner sehat dan demo memasak juga mengadakan stand khusus untuk pemeriksaan kesehatan dan konsultasi secara gratis tentang jantung bagi para peserta. (Sumarni)


Peringatan Hari Jantung Sedunia 2015 (Foto: Metrotvnews.com / Sumarni)


(AWP)


<i>Jersey</i> Prancis Masih Laris di Moskow

Jersey Prancis Masih Laris di Moskow

15 hours Ago

Perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia telah usai, namun tidak membuat Kota Moskow sepi. Kawasan suv…

BERITA LAINNYA
Video /