Jadi Poros Maritim Dunia, Panglima TNI: AL dan AU Harus Bersatu

Dian Ihsan Siregar    •    27 September 2015 13:39 WIB
tni
Jadi Poros Maritim Dunia, Panglima TNI: AL dan AU Harus Bersatu
Anggota TNI AL menyambut KRI Banjarmasin-592 di Dermaga Pelabuhan Belawan Medan, Senin 4 Mei 2015. Antara Foto/Septianda

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia digadang-gadang akan menjadi poros maritim dunia. Hal itu bisa terjadi, jika TNI Angkatan Udara (AU) dan Angkatan Laut (AL) bisa bersatu untuk jadi lebih kuat.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, ketika ditemui usai perayaan lari 10 kilometer (10K) hari jadi TNI yang ke-70‎ tahun di Silang Monas‎, Jakarta, Minggu (27/9/2015).

"Saya harap Indonesia jadi poros maritim dunia, jadi ‎harus unggul di udara dan laut. Kami akan tingkatkan itu, kalau tidak bisa unggul di laut dan udara, kita tidak akan bisa capai itu," ucapnya.

Gatot pun meminta maaf kepada masyarakat karena selama ini masih banyak anggotanya yang melukai rakyat. TNI, kata dia, juga butuh masyarakat untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia.

‎"Saya minta maaf, kami akan evaluasi agar tidak terjadi lagi. Atas prajurit yang lukai rakyat," tutur dia.

Dia juga ingin memperkuat AL karena merupakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gatot akan bekerja keras agar meraih kinerja yang lebih baik.


(AZF)


Video /