Jokowi Klaim Berhasil Kurangi Ketergantungan Impor Beras

Anggitondi Martaon    •    27 September 2015 14:01 WIB
jokowi
Jokowi Klaim Berhasil Kurangi Ketergantungan Impor Beras
Presiden Jokowi hadiri panen raya padi di Karawang, Jawa Barat,--Foto: Dok/Istimewa

Metrotvnews.com, Karawang: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim berhasil mengurangi ketergantungan negara terhadap impor beras selama setahun terakhir.

"Ini udah hampir setahun. Sampai Akhir September ini kebutuhan beras kita sudah bisa diproduksi sendiri oleh petani,"‎ kata Jokowi saat menghadiri panen raya padi di Karawang, Jawa Barat, Minggu (27/9/2015).

Dia mengakui, banyak pihak yang mendesak pemerintah agar melakukan impor beras. "Sampai detik ini tidak ada impor," tegas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, stok beras yang dimiliki negara masih cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional.‎ Meski saat ini beberapa bagian wilayah di Indonesia dilanda El Nino.

Selain itu, beberapa panen raya yang akan dilakukan di beberapa daerah akan menambah ketersediaan beras nasional. Sehingga Indonesia tidak akan melakukan impor untuk saat ini.

"Inikan masih ada panen, November pun masih ada sisa-sisanya di situ untuk menambah ini. Tambah saja dua bulan ke depan kita ada tambahan 300 ribu ton lagi sampai akhir tahun," ungkap dia.

Pemerintah, lanjut Jokowi,‎ saat ini akan memprioritaskan ketersediaan distribusi pangan agar penyebaran pangan di seluruh wilayah bisa merata. "Prioritas yang ingin kita lakukan adalah pasokan cukup. Distribusi harus lancar," harapnya.


(MBM)


<i>Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo </i>
Real Madrid 2017--2018

Real Madrid Jangan hanya Bergantung kepada Ronaldo

4 hours Ago

Real Madrid akan bertandang ke markas Bayern Muenchen pada 26 April nanti untuk leg pertama sem…

BERITA LAINNYA
Video /